bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Efek Kekurangan Vitamin C pada Tubuh, Harus Diwaspadai

Drajat Kurniawan - Ragam -> Kesehatan
Rabu, 17 Mei 2023 00:37
    Bagikan  
Ilustrasi Vitamin C
Foto : Ist

Ilustrasi Vitamin C - (ist)

HELOINDONESIA.COM - Vitamin C harus secara rutin dikonsumsi setiap hari untuk mencegah kekurangan. Sebab vitamin C menjadi nutrisi yang sangat penting bagi untuk untuk menangkal berbagai penyakit.

Kekurangan vitamin C tentu saja akan memicu beberapa masalah kesehatan. Namun gejala yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin akan memakan waktu berbulan-bulan.

Pria dewasa dianjurkan untuk mengonsumsi kurang lebih 90 miligram vitamin C per hari. Sedangkan wanita dewasa, sekitar 75–85 miligram per hari. Sementara pada anak-anak hingga remaja, asupan vitamin C yang dianjurkan adalah sekitar 50–75 miligram per hari.

Baca juga: Dorong IKM Naik Kelas, Kemenperin Latih Produsen Minyak Kelapa di Bitung

Apa saja dampak atau gejala tubuh yang kekurangan vitamin C. Simak pembahasannya berikut ini.

Daya tahan tubuh lemah

Kekurangan vitamin C akan terasa langsung pada tubuh. Tubuh yang kekurangan vitamin C akan tampak lesu, tidak bersemangat, mudah lelah, dan mudah sakit. Beberapa penelitian menemukan bahwa kurangnya asupan vitamin C dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Kondisi ini membuat seseorang lebih rentan terhadap infeksi, seperti flu termasuk penyakit serius seperti pneumonia.

Baca juga: Parming Rambut, Cara Membuat Kulit Kepala Sehat Alami Asli Nusantara

Nyeri sendi

Kekurangan asupan vitamin C berdampak terjadi masalah persendian, seperti rasa nyeri dan pembengkakan pada sendi. Bahkan di kasus yang parah, gangguan pada sendi ini dapat menyebabkan penderitanya kesulitan berjalan.

Kulit Kasar Dan Tidak Rata

Asupan vitamin C pada tubuh berfungsi untuk memproduksi kolagen, yaitu protein yang membentuk lapisan kulit dan jaringan ikat tubuh. Kurang asupan vitamin C akan menurunkan kadar kolagen dalam tubuh. Efeknya akan terjadi berbagai masalah pada kulit, misalnya kulit kasar dan kering.

Kekurangan vitamin C juga dapat membuat kuku menjadi rapuh, bergaris putih, dan tampak ada titik-titik merah.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Varises Dengan Bahan Alami

Luka sulit sembuh

Kekurangan vitamin C memperlambat laju pembentukan kolagen. Kolagen sendiri berperan penting dalam proses penyembuhan luka. Oleh karena itu, kekurangan vitamin C akan membuat luka lebih sulit sembuh. Selain itu, kekurangan vitamin C juga membuat luka lebih rentan terkena infeksi. Bahkan dalam kasus defisiensi vitamin C yang parah, luka lama dapat terbuka kembali.

Gusi mudah berdarah dan gigi copot

Kekurangan vitamin C akan membuat gigi rentan copot dan gusi mudah berdarah. Karena itu penting dalam menjaga asupan vitamin C dalam menjaga kesehatan gusi dan gigi.

Berat badan naik

Obesitas bisa terjadi jika tubuh kekurangan vitamin C. Sebab dampaknya akan meningkatkan lemak, terutama di perut.

Tags
Kesehatan