Manfaat Menakjubkan Dari Omega 3 Bagi Kesehatan Tubuh

Selasa, 16 Mei 2023 00:00
Makanan Mengandung Omega 3 Foto : Ist

HELOINDONESIA.COM - Omega 3 paling banyak ditemukan dalam makanan jenis ikan terutama salmon, tuna, kembung, tongkol dan teri.

Omega 3 sendiri merupakan asam lemak yang bisa didapatkan dari makanan dan suplemen yang dikonsumsi. Asam lenak jenis ini tidak bisa dihasilkan dari tubuh 

Kandungan lemak esensial yang dinamakan omega 3 ini tentu sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya baik untuk jantung, omega 3 juga bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Varises Dengan Bahan Alami

Dikutip dari berbagai sumber, berikut manfaat Omega 3 untuk kesehatan :

Mendukung kesehatan jantung

Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia. Studi menunjukkan bahwa orang yang makan banyak ikan yang mengandung omega 3 dapat mengurangi beberapa risiko yang terkait dengan penyakit jantung.

Membantu mengobati gangguan mental tertentu

Manfaat omega 3 sangat penting untuk mendukung fungsi otak secara normal. Sebab, otak terdiri dari hampir 60% lemak, dan sebagian besar lemak ini adalah asam lemak omega-3.

Baca juga: Wujudkan Jakarta Hijau Royo-royo, Wali Kota Jakpus Terima 600 Pohon Ditanam di Sekolah

Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang dengan gangguan mental tertentu memiliki kadar omega-3 yang lebih rendah dalam darah. Penelitian juha menunjukkan bahwa suplemen minyak ikan dapat mencegah timbulnya atau memperbaiki gejala beberapa gangguan mental.

Membantu menurunkan berat badan

Manfaat omega 3 untuk diet adalah dapat mengurangi lingkar pinggang atau rasio pinggang-panggul. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen minyak ikan yang dikombinasikan dengan diet atau olahraga, dapat membantu menurunkan berat badan.

Mengurangi peradangan

Minyak ikan yang mengandung omega 3 memiliki efek antiinflamasi yang kuat serta dapat membantu mengurangi gejala peradangan, terutama reumatoid radang sendi.

Baca juga: Beberapa Manfaat Body Scrub yang Wajib Diketahui, Sesuaikan dengan Jenis Kulitmu

Meringankan gejala asma dan risiko alergi

Asupan ikan dan minyak ikan yang lebih tinggi selama kehamilan dapat mengurangi risiko asma dan alergi pada masa kanak-kanak.

Meningkatkan kesehatan tulang

Manfaat omega 3 yakni dapat meningkatkan kepadatan tulang dan membantu mencegah penyakit tulang.

Mendukung kesehatan kulit

Kulit bisa rusak karena penuaan atau juga banyak paparan sinar matahari. Namun, manfaat omega 3 dalam minyak ikan dapat membantu menjaga kesehatan kulit

Berita Terkini