Helo Indonesia

Jika Dikonsumsi Rutin, Ikan Bermanfaat Menurunkan Resiko Depresi dan Menyehatkan Jantung

Drajat Kurniawan - Ragam -> Kesehatan
Sabtu, 26 Agustus 2023 17:14
    Bagikan  
Makanan Jenis Ikan
Foto : Ist

Makanan Jenis Ikan - (Ist)

HELOINDONESIA.COM - Ikan merupakan salah satu jenis makanan yang mudah ditemukan. Selain mudah dicari, ternyata ikan juga memiliki banyak manfaat gizi dan nilai ekonomis yang signifikan.

Konsumsi ikan, dari segi kesehatan menjadi alternatif yang lebih menguntungkan ketimbang daging merah. Ikan juga terdiri dari berbagai jenis namun memiliki manfaat yang hampir sama. 

Ikan mengandung vitamin B12 yang berfungsi baik untuk tubuh. Kecukupan vitamin B12 dalam tubuh berhubungan erat dengan penurunan risiko terjadinya masalah kesehatan seperti demensia dan penyakit jantung. Sebaliknya, kekurangan vitamin B12 dapat mengakibatkan masalah seperti kelelahan kronis dan anemia.

Baca juga: Diklaim Akan Memiliki Performa Superior untuk Kelas Android, Berikut Spesifikasi Nokia Venom Max 5G

Selain vitamin B12, terdapat beragam manfaat dalam ikan yaitu mencakup vitamin, mineral, dan asam lemak esensial. Keseluruhan gizi tersebut memiliki peran penting dalam mendukung pertumbuhan sel darah merah yang sehat, regulasi reproduksi DNA, dan fungsi saraf yang optimal.

Manfaat lain yang diperoleh dari konsumsi ikan, dilansir dari sumber terpercaya, Sabtu, (26/8/2023) meliputi:

1. Peningkatan Kesehatan Otak

Jangan remehkan kesehatan otak kamu. Sebab, tingkat rendah asam lemak omega-3 dalam tubuh terkait dengan percepatan proses penuaan otak. Hal itu dapat mengakibatkan gejla seperti penurunan memori dan gangguan kognitif. Bahkan, rendahnya kadar asam lemak omega-3 ini telah terkait dengan penurunan ukuran otak seiring bertambahnya usia.

Karena itu jandungan lemak sehat, seperti asam lemak omega-3, dalam ikan memiliki peran krusial dalam menjaga kesehatan otak.

2. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Kandungan penting lainnya terdapat dalam ikan yaitu asam lemak omega-3. Nutrisi tersebut dapat dikaitkan dengan penurunan resiko penyakit jantung. Apalagi dikonsumsi rutin mampu mencegah dan mengurangi risiko serangan jantung koroner. Asam lemak ini berperan dalam menghurangi pembentukan plak di arteri jantung, menurunkan kadar trigliserida dalam darah, serta memiliki potensi untuk menurunkan tekanan darah.

Baca juga: Pelatih Madura United Sebut Hasil Imbang Melawan Bhayangkara FC, Karena Alasan ini

3. Penurunan Risiko Depresi

Selain menjaga kesehatan jantung, asam lemak omega-3 juga berpengaruh kepada peningkatan fungsi otak secara lebih efisien, sehingga memberikan efek perlindungan terhadap risiko depresi.

Demikian segudang manfaat kandung gizi dalam ikan. Setelah mengetahui lebih jauh terkait manfaat ikman, menjadi langkah baik dan bermanfaat untuk mencantumkan ikan ke dalam rencana menu makanan. Hal itu untuk mencapai keseimbangan nutrisi dan memelihara kesehatan secara menyeluruh.


Tags
Kesehatan