Helo Indonesia

8 Bahan Alami Pengusir Bau Bangkai Tikus di Rumah, Mudah Ditemui

Drajat Kurniawan - Ragam -> Kesehatan
Senin, 10 Juli 2023 17:33
    Bagikan  
Ilustrasi Bangkai Tikus
Foto : Ist

Ilustrasi Bangkai Tikus - (Ist)

HELOINDONESIA.COM - Seringkali terjadi di rumah ada tikus yang mati namun tidak bisa diketahui atau tidak bisa dibersihkan bangkainya. Hal itu membuat bau bangkai tikus tersebut menyengat dan mengganggu aktivitas sehari-hari di rumah.

Saat tubuh tikus mulai membusuk, menimbulkan bau bangkai sebagai dampak dari senyawa kimia yang diproduksi saat proses pembusukan. Ditambah adanya sulfur dioksida dan metana yang mengeluarkan aroma tak sedap.

Untuk menghilangkan bau bangkai tikus di rumah sudah pasti bangkai tersebut harus dibersihkan. Namun yang sering menjadi permasalahan adalah jika bangkai tersebut tidak ditemukan atau sulit untuk dibersihkan, biasanya masalah ini terjadi jika tikus mati di area atap rumah.

Nah jika akhirnya rumah Anda terjadi bau busuk, ada beberapa cara alami untuk mengatasinua.

Baca juga: Pesan Ganjar ke Aparatur Pemdes di Rembang; Jangan Korupsi, Jangan Ada Pungli

Beberapa bahan alami ini mampu mengatasi dan meredam aroma tak sedap akibat adanya bangkai tikus. Mengutip berbagai sumber, berikut bahan alami dan cara menggunakannya.

1. Kulit Mangga Limus 

Jika ruangan Anda diselimuti aroma tak sedap akibat bau bangkai tikus, penggunaan wangi-wangian dapat mengusir bau tersebut.

Salah satunya dengan menggunakan daun mangga Limus. Caranya, kupas mangga Limus, lalu kulitnya satukan di piring dan letakan piring tersebut di dalam ruangan dekat sumber bau tersebut. 

Baca juga: Wisata Arung Jeram Sungai di Bali Menarik, Tapi Ada Turis Asing Tewas

Aroma buah mangga akan merebak ke seluruh ruangan sehingga mengalahkan aroma bangkai tikus. 

2. Soda kue

Cara alami ini ampuh untuk mengusir bau bangkai tikus. Anda bisa menggunakan soda kue. 

Coba campur soda kue dengan air. Larutan tersebut lalu masukan ke botol semprot. Kemudian, semprotkan larutan ke area tempat ditemukannya bangkai tikus.

4. Arang

Briket arang juga termasuk bahan alami untuk menghilangkan bau busuk akibat bangkai tikus. Sebab dalam arang terdapat Karbon yang fungsinya dapat menarik bau busuk dari udara dan menjebaknya di dalam briket.

Baca juga: EO Bandarlampung Expo Belum Bayar Pajak Hiburan Konser Denny Caknan

5. Cuka

Bahan alami lainnya yang juga ampuh usir bau bangkai tikus adalah cuka. Bau bangkai tikus bisa diserap oleh cuma yang berperan sebagai pewangi alami. Cuka bahkan bisa menormalkan kembali aroma di dalam rumah meskipun sebelumnya terdapat aroma busuk.

Caranya, masukan cuka ke dalam gelas dan taruh di sekitar rumah. Aroma cuma yang terbawa angin jika dibiarkan akan menyebar ke seluruh rumah. Lambat laun, aroma akan kembali normal.

6. Larutan pembersih atau pemutih

Penyebab bau bangkai tikus yaitu adanya bakteri yang masih menempel di tempat yang telah dibersihkan. Menggunakan pemutih yang mengandung pembasmi bakteri dapat membersihkan dan menghilangkan bau area yang terkontaminasi bangkai tikus. Campurkan sedikit pemutih di dalam air dan seka area ditemukannya bangkai tikus menggunakan pel atau lap.

Baca juga: KPK Didesak Tuntaskan Dugaan Korupsi di Kementan, Kejahatan Masif dan Sistematis

7. Bubuk kopi

Kafein dalam bubuk kopi mengandung nitrogen yang membantu membersihkan belerang dari udara melalui adsorpsi.

Sehingga jika kopi ditaburjan, aromanya dapat menutupi serta menghilangkan aroma membandel dalam rumah. 

8. Disinfektan

Area bekas bangkai tikus harus dibersihkan agar bau benar-benar hilang. Caranya, gunakan disinfektan untuk agar area tersebut benar-benar aman dari bakteria dan kuman bekas bangkai tikus itu.

Demikian ulasan mengenai bahan-bahan alami untuk mengusir bau bangkai tikus di rumah. Bahan-bahan alami ini mudah ditemui bukan? Selamat mencoba!


Tags
Kesehatan