Helo Indonesia

BPOM AS Coret Beberapa Produk Sereal untuk Sarapan dari Daftar Makanan Sehat, Ini Alasannya

Syahroni - Ragam -> Kesehatan
Jumat, 16 Juni 2023 18:50
    Bagikan  
Ilustrasi
ist

Ilustrasi - Beberapa produk sereal di AS dicoret dari daftar makanan sehat oleh FDA.

HELOINDONESIA.COM - Tahu kah Anda, sarapan sereal mungkin tidak baik untuk Anda. Yah, baru-baru ini FDA mengusulkan pembaruan kriteria untuk makanan sehat, dan dengan standar baru ini. Yang mengejutkan, beberapa produk sereal ternyata tidak lagi dianggap sehat. Sereal pertama kali ditemukan pada tahun 1863, dan pada tahun 1900-an, Kellogg bersaudara menciptakan Corn Flakes, menambahkan gula, dan mulai menjualnya.

Banyak dari kita makan sereal untuk sarapan, tetapi FDA membuka kesadaran baru tentang kurangnya nutrisi pada beberapa produk sereal. Sereal sarapan cepat dan mudah, siap untuk dimakan, dan sesuai dengan kesibukan kita. Jadi apa masalahnya? Pada artikel ini akan dibahas mengapa beberapa sereal sarapan tidak lagi dianggap sehat oleh FDA.

Apa itu FDA?

Food and Drugs Administration (FDA)/ Administrasi Makanan dan Obat Amerika Serikat adalah agen federal di bawah Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan. Mereka bertanggung jawab untuk melindungi kesehatan masyarakat AS dengan memastikan keamanan makanan, obat-obatan, dan kosmetik. FDA bertugas membantu konsumen memperbaiki nutrisi dan mengurangi penyakit kronis.

Pada tahun 1994 FDA mengeluarkan peraturan bahwa istilah sehat dapat digunakan pada label kemasan makanan jika makanan tersebut "<...> karena kandungan nutrisinya, dapat membantu konsumen menjaga praktik pola makan yang sehat." Pedoman lama ini berfokus pada nutrisi makanan individu, yang dapat menyebabkan konsumen makan makanan berulang kali jika mereka merasa memenuhi standar "sehat".

Baca juga: 7 Sarapan Pagi yang Harus Anda Hindari untuk Memulai Hari yang Sehat

Ilmu gizi saat ini menunjukkan kepada kita bahwa pedoman lama sudah ketinggalan zaman. FDA ingin memberikan informasi nutrisi terkini, yang juga sesuai dengan Pedoman Diet federal 2020-2025 untuk orang Amerika.

Beberapa sereal sarapan tidak sehat

Rekomendasi baru FDA adalah bahwa makanan kemasan tidak boleh mengandung lebih dari 2,5 gram gula tambahan per sajian. Ini berarti sereal populer seperti corn flakes (4 gram gula tambahan) dan Frosted Mini Wheats (12 gram gula tambahan) tidak lagi dianggap sehat karena mengandung gula tambahan. Gula tambahan dapat ditemukan pada label fakta nutrisi pada kemasan makanan. Selain itu, roti putih dan yogurt yang sangat manis juga tidak memenuhi syarat sehat berdasarkan pedoman yang diusulkan.

Persyaratan FDA untuk makanan sehat

Agar makanan kemasan dianggap sehat menurut kriteria baru FDA, produk perlu:

  1. Mengandung makanan tertentu yang berarti dari setidaknya satu kelompok atau subkelompok makanan (misalnya, buah, sayuran, produk susu, dll.) yang direkomendasikan oleh Pedoman Diet FDA.
  2. Patuhi batasan khusus untuk nutrisi tertentu, seperti lemak jenuh, natrium, dan gula tambahan.

Agar sehat berdasarkan kriteria yang diusulkan, sereal harus memiliki: 3/4 ons biji-bijian utuh dan tidak lebih dari 1 gram lemak jenuh, 230 miligram sodium, dan 2,5 gram gula tambahan per porsi. Jadi ketika Anda melihat bahwa Honey Nut Cheerios memiliki 12 gram gula tambahan dan Raisin Bran memiliki 9 gram gula tambahan, jelas mengapa merek ini dan lainnya tidak lagi masuk kriteria makanan "sehat" yang disetujui FDA.

Jadi apa pilihan yang lebih sehat?

Bagian dari kriteria baru menekankan bahwa kita harus makan pola makanan sehat yang menghindari tambahan gula, lemak jenuh, dan sodium. Pedoman USDA mendefinisikan pola makanan sehat sebagai: “kombinasi makanan dan minuman yang merupakan asupan makanan lengkap seseorang dari waktu ke waktu. Ini mungkin gambaran tentang cara makan yang biasa atau gambaran tentang kombinasi makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi.”

Baca juga: Tiga Menu Sarapan Sehat Bagi Penderita Diabetes

FDA dan USDA menyarankan kita untuk mencari makanan padat nutrisi. Ini adalah makanan yang memberi kita vitamin dan mineral, seperti:

  • Buah-buahan;
  • Sayuran;
  • Biji-bijian utuh;
  • Makanan laut;
  • Telur;
  • Kacang polong;
  • Kacang-kacangan;
  • kacang dan biji tawar;
  • produk susu bebas lemak dan rendah lemak;
  • Daging tanpa lemak dan unggas.

Kita semua tahu bahwa menghindari kelebihan gula adalah keputusan kesehatan yang cerdas. Terlalu banyak gula dapat menyebabkan diabetes, penyakit jantung, dan beberapa jenis kanker. Namun, tidak perlu membuang sereal sarapan dari daftar belanjaan Anda sepenuhnya. Ada sereal sehat di luar sana. Baca fakta nutrisi dan cari sereal dengan tambahan gula kurang dari 2,5 gram.

Pilihan sarapan enak lainnya termasuk roti panggang alpukat, telur, puding chia, smoothie protein, selai kacang pada roti gandum, dan buah pada yogurt rendah gula.

Baca juga: Sering Sakit Perut Setelah Sarapan ? Ini Penyebab Yang Harus Dihindari

FDA, USDA, dan Federal Dietary Guidelines 2020-2025 adalah sumber yang bagus untuk membuat pilihan nutrisi. FDA telah mulai meneliti kemungkinan penggunaan simbol sehat yang dapat digunakan secara sukarela oleh industri makanan pada label makanan. Simbol tersebut akan menjadi cara cepat bagi konsumen untuk mengidentifikasi makanan yang merupakan bagian dari pola makan sehat.

Didik diri Anda sendiri, mintalah nasihat dokter Anda, dan gunakan Piramida Makanan sebagai panduan. Pada akhirnya, kesehatan dan nutrisi Anda terserah Anda sendiri yang memilihnya!