Helo Indonesia

Jenis Minuman Penyebab Asam Lambung Naik, Harus Dihindari

Drajat Kurniawan - Ragam -> Kesehatan
Selasa, 13 Juni 2023 13:07
    Bagikan  
Ilustrasi
Foto : Ist

Ilustrasi - (Freepik)

HELOINDONESIA.COM - Asam lambung adalah zat asam yang bermanfaat bagi tubuh. Zat ini diproduksi oleh lambung untuk membantu mencerna makanan. 

Namun asam lambung tidak boleh berlebihan karena akan mengalami gejala Gerd (gastroesophageal reflux disease). Anda akan mengalami sakit perut, nyeri pada bagian perut yang akan menggangu aktivitas sehari-hari.

Agar tidak kena sakit asam lambung, ada sejumlah makanan dan minuman yang harus dihindari. Minuman ini bisa memicu asam lambung naik.

Beberapa jenis minuman ini jangan dikonsumsi agar lambung tetap sehat. 

Baca juga: Jenis-jenis Bulu Mata Palsu, Apa Saja Kelebihan dan Kekurangannya?

Minuman Berasam Tinggi

Jenis minuman ini juga dapat memicu peningkatan asam lambung sehingga menyebabkan gejala GERD. Minuman tersebut yaitu minuman berasam tinggi seperti jus cuka apel, jus jeruk, jus lemon dan jus cranberry.

Bagi orang yang tengah bermasalah dengan asam lambung sebaiknya menghindari minuman ini. Jika ingin mengkonsumsi, minumlah dengan jumlah terbatas.

Meskipun minuman ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh karena punya kandungan vitamin c tinggi, namun disarankan untuk tidak sering mengkonsumsi jenis minuman ini.

Baca juga: Mbappe Kirim Surat ke PSG Tak Perbarui Kontrak, Pemilik Klub Panik

Minuman Berkafein

Bagi Anda yang mengalami sakit asam lambung hindari minuman mengandung kafein seperti kopi, teh hitam dan sejumlah minuman energi lantaran dapat merangsang produksi asam lambung.

 Kafein juga dapat melemaskan otot sfingter esofagus bawah (LES), katup yang mengontrol aliran makanan dari kerongkongan ke lambung.

Jika sudah memiliki masalah dengan asam lambung, minuman berkafein akan menyebabkan gejala GERD. Lantaran asam lambung naik sehingga menyebabkan sejunlah gejala dari mulai berdahak hingga nyeri pada bagian perut.

Baca juga: Mahfud MD: Presiden Akan Umumkan Penyelesaian Kasus Pelanggaran HAM Berat Masa Lalu di Aceh

Bagi Anda yang memiliki masalah asam lambung, sebaiknya mengurangi konsumsi minuman berkafein.

Minuman Berkarbonasi

Jenis minuman ini juga berbahaya bagi Anda yang rentan mengalami peningkatan asam lambung. 

Sebab minuman berkarbonasi seperti minuman bersoda dan sparkling dapat menimbulkan peningkatan produksi gas dalam perut. 

Baca juga: Usung Ganjar Pranowo dan Kaesang Pangarep Tersandung PDIP, Netizen: PSI akan Temui Jan Ethes

Gas di dalam tubuh akan memberi tekanan pada LES sehingga mendorong asam lambung naik ke kerongkongan.

Selain itu, minuman berkarbonasi sering mengandung asam fosfat yang dapat memicu refluks asam.

Disarankan untuk membatasi konsumsi minuman berkarbonasi bagi Anda untuk mengurangi risiko naiknya asam lambung.

Alkohol

Dapat dipastikan alkohol tidak baik bagi kesehatan. Tidak hanya berdampak butuh bagi sejumlah organ tubuh, alkohol juga dapat merangsang produksi asam lambung berlebihan. Sebab akohol adalah zat yang dapat melemaskan otot LES sehingga memicu produsi asam lambung.

Baca juga: 15 Manfaat Kesehatan Tanaman Putri Malu, Dari sekedar Obati Batuk, Hingga Bikin Istri Tunduk

Meminum banyak alkohol akan membuat refluks asam sehingga memicu GERD. Jika ingin Lambung tetap sehat, lebih baik menghindari sepenuhnya meminum alkohol.

Jeruk dan Tomat

Kandungan asam sitrat dan asam askorbat dalam jeruk dan tomat, dapat peningkatan asam lambung. Jika Anda rentan terhadap permasalahan lambung, disarankan untuk mengkonsumsi jenis minuman ini dengan jumlah terbatas.

Anda bisa mengkonsumsi jenis jus yang le jn rendah asam, seperti jus buah pear atau jus apes sebagai alternatif yang lebih baik.

Baca juga: Jasad Bayi Merah Ditemukan di Pekalongan Lampung Timur

Minuman Berlemak Tinggi

Jika memiliki masalah dengan asam lambung, disarankan untuk memilih susu rendah lemak atau alternatif nabati yang lebih ringan.

Sebab ninuman berlemak tinggi, seperti susu murni dan minuman cokelat panas, dapat merelaksasi otot LES dan memperlambat pengisongan lambung. Hal ini dapat menyebabkan naiknya asam lambung ke kerongkongan. 


Tags
Kesehatan