bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Hindari, 6 Penyebab Sakit Punggung Yang Sering Diabaikan

Drajat Kurniawan - Ragam -> Kesehatan
Kamis, 25 Mei 2023 01:08
    Bagikan  
Ilustrasi
Foto : Ist

Ilustrasi - (Ist)

HELOINDONESIA.COM - Masalah sakit dan nyeri punggung merupakan suatu keadaan medis yang ditandai rasa pegal, nyeri dan kaku di belakang tubuh.

Sakit punggung kerap dialami banyak orang akibat kondisi baik berada di rumah saja untuk bekerja.

Baik karena situasi kerja yang tidak mendukung, kursi yang tak tepat, olahraga, maupun stres, seluruh hal tersebut bisa menjadi penyebab sakit dan nyeri punggung. Walau begitu, ternyata terdapat sejumlah hal lain yang bisa menjadi penyebab masalah ini.

Merokok

Merokok merupakan penyebab banyak dari masalah kesehatan yang kita alami. Tidak hanya pada paru-paru, merokok juga bisa menjadi penyebab masalah peradangan dan cedera yang berujung sakit dan nyeri punggung.

Baca juga: Simak, Cara Mengemudi Harian Agar Irit BBM

Berdasar sebuah riset, sebanyak 37 persen perokok mengeluhkan terjadinya sakit punggung. Merokok juga bisa mengubah ukuran pembuluh darah sehingga tubuh merasa rasa sakit secara lebih kuat. Aliran darah juga menurun ketika seseorang merokok sehingga seseorang menua secara prematur dan menyebabkan sakit di punggung.

Cara mengatasinya: Berhenti merokok!

Dehidrasi

Kondisi saat kehilangan banyak cairan namun kekurangan yang dikonsumsi. Dehidrasi dapat menyebabkan sakit punggung ketika ada hal yang mirip agar-agar (gelatinous) di dalam cakram (bantalan sendi) Anda kehilangan air dan tidak mampu menahan berat tubuh Anda.

Cara mengatasinya: Konsumsi banyak air dan batasi konsumsi kafein yang bisa menjadi penyebab dehidrasi.

Baca juga: PPP Ungkap Keberlanjutan KIB Ditentukan Golkar dan PAN

Dompet dan Tas

Memasukkan dompet ke bagian saku belakang celana bisa menjadi penyebab terjadinya sakit punggung. Kondisi struktur tulang belakang yang tidak seimbang ini bisa terjadi ketika duduk dengan dompet di saku celana sehingga satu bagian tubuh menjadi lebih tinggi.

Posisi yang tak ideal ini memberi tekanan pada bagian bawah tulang belakang yang berujung rasa sakit dan nyeri. Hal yang sama juga bisa terjadi ketika memakai atau membawa tas pada salah satu bagian pundak saja.

Cara mengatasinya: Mengatasi masalah ini bisa dilakukan dengan sangat mudah dengan memindah dompet dari saku belakang. Selain itu, pastikan juga untuk bergantian memindahkan tas dari satu sisi ke sisi lain.

Pakaian yang Digunakan 

Pakaian yang kamu gunakan juga bisa menjadi penyebab dari terjadinya sakit dan nyeri punggung ini. Penelitian mengungkap bahwa skinny jeans merupakan salah satu penyebab munculnya masalah ini.

Baca juga: Polri Duga Narkoba untuk Pemilu 2024, Rudi Valinka: Pasti dari Penangkapan Kader Parpol yang Dulu Viral

Skinny jeans bisa membatasi pergerakan lutut dan pinggul secara bebas sehingga mempengaruhi posisi tubuh 

Hal ini menjadi salah satu penyebab utama sakit punggung karena memaksa otot punggung dan tulang belakang berada pada posisi tidak alami. Selain jeans, bra terutama tanpa tali juga bisa menjadi penyebab terjadinya masdalah ini.

Cara mengatasinya: Batasi waktu menggunakan pakaian jenis tersebut demi kesehatan punggung.

Sepatu

Tidak hanya pakaian saja, alas kaki yang anda gunakan juga bisa menjadi penyebab sakit punggung. Hal ini terutama ketika menggunakan high heels.

Baca juga: Erick Thohir Pastikan Argentina Bawa Tim Juara Piala Dunia 2022 Saat Menghadapi Timnas Indonesia

Heels mengubah cara berjalan dengan memaksa pinggul lebih menekuk dan pantat lebih maju. Walau begitu, sepatu flat tanpa hak juga bisa menimbulkan dampak buruk pada kesehatam punggung karena kurangnya penyangga.

Cara mengatasinya: Pastikan untuk menggunakan sepatu yang nyaman dan membuat posisi badan tetap stabil.

Ponsel

Menghabiskan waktu lama di depan smartphone cenderung membuat posisi tubuhmu sedikit maju dan menunduk. Posisi ini bisa menimbulkan tekanan dan masalah pada bagian leher, pundak, dan punggung.

Posisi ini membuat komdisi tidak stabil dan bisa menurunkan mobilitas pada leher dan pundak. Lebih jauh, hal ini bisa menjadi penyebab tidak hanya sakit dan nyeri tulang belakang dan bahkan sakit kepala.

Baca juga: Anies Soal Hasil Survey Litbang Kompas Paling Buncit : Masih Fluktuatif

Cara mengatasinya: Untuk mencegah terjadinya masalah ini, pastikan untuk mendekatkan ponsel sejajar dengan mata serta pastikan untuk menyangga siku agar tidak lelah.

Tags
Kesehatan