bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Ingin Daya Ingat Tetap Tajam? Hindari Kebiasaan Buruk Ini

Drajat Kurniawan - Ragam -> Kesehatan
Senin, 22 Mei 2023 23:55
    Bagikan  
Ilustrasi
Foto : Ist

Ilustrasi - (Ist)

HELOINDONESIA.COM - Aktivitas yang menjadi kebiasaan sehari-hari dapat mempengaruhi daya ingat. Untuk itu hindarilah kebiasaan yang bisa merusak daya ingat.

Lantas, apa saja kebiasaan yang berefek menjadi pelupa ? Berikut ulasannya.

Kurang Tidur

Tidur memiliki sejumlah manfaat kesehatan termasuk meningkatkan ingatan kita.

Kurang tidur bisa berdampak, seseorang akan kurang fokus lantaran hal itu mempengaruhi hippocampus di otak yang merupakan tempat kita menyimpan ingatan baru.

Baca juga: Pemerintah Janji Tak Naikan Tarif PPN Tahun Depan

Konsumsi Obat-obatan Tertentu

Konsumsi obat-obatan tertentu mungkin membantu menyembuhkan dari sakit yang kamu derita. Namun efek jangka panjang, bisa menjadi penyebab pelupa.

Sejumlah obat lain yang bisa membuatmu menjadi pelupa termasuk benzodiazepines, obat penurun kolesterol, obat antiepilepsi, penahan rasa sakit, obat antihipertensi, antihistamin, dan lain sebagainya.

Kurang Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik seperti olahraga secara rutin membantu menjaga kesehatan. Dengan fisik yang bugar, daya ingat akan lebih tajam.

Baca juga: Ternyata Kentut Bagus Buat Kesehatan, Ini Alasannya

Tidak hanya itu, olahraga juga menghindari gejala-gejala kesehatan yang membuat berkurangnya ingatan seperti, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, serta diabetes.

Kurang Konsumsi Makanan Tertentu

Makanan yang mengandung sumber nutrisi untuk mempengaruhi otak, jika kamu konsumsi secara rutin akan meningkatkan daya ingat.

Sejumlah makanan yang penting dikonsumsi demi kondisi otak adalah telur sayuran hijau, ikan berlemak, kopi dan teh, juga beberapa jenis buah-buahan.

Baca juga: Harga Telur Ayam Naik Jadi Rp32 Ribu per Kg

Kurang Mempertajam Ingatan

Otak merupakan organ tubuh yang harus dijaga. Agar berfungsi baik, dan tidak menjadi pelupa adalah dengan cara sering menstimulasi otak.

Melatih otak agar tetap aktif merupakan cara menjaga saraf-saraf di otak tetap prima. Caranya yakni dengan sering membaca, bermain games, bekerja dan aktivitas lainnya yang bisa menstimulus otak.

Tags
Kesehatan