Helo Indonesia

Olahraga Yoga Bisa Meningkatkan Kesehatan Mental Ibu Hamil, Benarkah?

Arsyad K.R - Ragam -> Kesehatan
Sabtu, 13 Mei 2023 08:23
    Bagikan  
Olahraga Yoga Bisa Meningkatkan Kesehatan Mental Ibu Hamil, Benarkah?
Freepik

Olahraga Yoga Bisa Meningkatkan Kesehatan Mental Ibu Hamil, Benarkah? - Ilustras Ibu Hamil

HELOINDONESIA.COM - Dokter spesialis obstetri serta ginekologi, dr. Andre Viscountie Saputra, Sp. OG mengatakan kalau berolahraga yoga memiliki khasiat yang sangat besar untuk bunda yang sedang berbadan dua.

Andre berkata kalau berolahraga yoga bisa menolong relaksasi pikiran para bunda yang sedang berbadan dua, yang berakibat baik pada persalinan hingga dengan pasca persalinan.

“ Dengan terdapatnya yoga, itu sangat menolong misalnya relaksasi pikiran. Setelah itu, tubuhnya bisa jadi lebih stretching, lebih tidak tegang dan tidak kaku,” ungkap Andre, dilansir dari Antara, Jumat 12 Mei 2023.

Bagi Andre, keadaan mental dari bunda berbadan dua cenderung menghadapi pergantian. Pada sebagian permasalahan, keadaan mental bunda berbadan dua ini berujung baby blues.

Walaupun bunda merasa senang menyongsong kelahiran si buah hati, di lain sisi terdapat pula rasa tekanan pikiran serta letih, yang dipicu oleh faktor- faktor semacam kurang tidur serta lain sebagainya, sambung Andre.

Baca juga: Bolehkah Ibu Hamil Melakukan Waxing di Area Organ Intim?

Maka dari itu, jelas Andre, berolahraga yoga ialah salah satu pemecahan guna membetulkan keadaan mental bunda. Andre juga menarangkan kalau berolahraga yoga bisa dilakukan dikala keadaan kehamilan telah memasuki trimester awal.

Berolahraga yoga ini perlu dicoba, mengingat bunda berbadan dua lebih gampang hadapi punggung yang pegal, akibat dari bertambahnya bobot bakal anak.
Yoga nyatanya dapat dilanjutkan sehabis persalinan, dalam hal ini bayi dengan persalinan normal ataupun dengan caesar. Hal ini mengingat berolahraga yoga sangat baik untuk psikis bunda, sehingga proses kelahiran bisa dilalui bunda dengan senang.

Baca juga: Rektor USM Berikan Penghargaan kepada Mahasiswa Berprestasi di Bidang Olahraga

Untuk itu buat durasi berolahraga yoga, Andre menganjurkan untuk dilakukan oleh bunda berbadan dua tiap pekan, dengan durasi waktu 30 menit.

Tidak hanya itu, bagi Andere, untuk menjaga susana hati serta pikiran bunda berbadan dua baik sepanjang proses kehamilan sampai pasca persalinan, tidak saja dengan melaksanakan yoga, melainkan wajib diiringi dengan dukungan dari pendampingnya.

Dukungan yang diberikan dapat dalam bentuk apa saja, mulai dari dukungan- dukungan kecil ialah menemani bunda berbadan dua kontrol teratur, serta menemani dikala berolahraga yoga ataupun senam berbadan dua.

Andre sendiri mengakui kalau dirinya merasa bahagia bila pasiennya tiba kontrol teratur bersama suami ataupun pendampingnya, ini sebab dapat sekaligus membagikan bimbingan pada keduanya.***