bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Cara Mudah Menghilangkan Karang Gigi dengan Langkah Sederhana

Restiyan Ningsih - Ragam -> Kesehatan
Selasa, 28 Mei 2024 18:56
    Bagikan  
Karang Gigi Ilustrasi
freepik

Karang Gigi Ilustrasi - Cara mengatasi karang Gigi

HELOINDONESIA.COM - Karang gigi, atau plak gigi, adalah lapisan lengket yang terbentuk di sekitar gigi akibat dari kumpulan bakteri, sisa makanan, dan saliva.

Jika tidak diatasi dengan baik, karang gigi dapat menyebabkan masalah serius seperti kerusakan gigi, penyakit gusi, dan bahkan penyakit jantung.

Namun, mengatasi karang gigi bisa dilakukan dengan langkah-langkah sederhana yang dapat dilakukan di rumah.

Baca juga: Terkait 2 Tersangka Kasus Komoditas Timah, Kejaksaan Agung Periksa 4 Orang Saksi

Berikut adalah beberapa cara mudah untuk mengatasi karang gigi:

1. Sikat Gigi Secara Teratur

Langkah pertama dan paling penting dalam mengatasi karang gigi adalah dengan menyikat gigi secara teratur. Pastikan untuk menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, pagi dan malam sebelum tidur. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk membersihkan plak dan menguatkan enamel gigi. Selain itu, pastikan juga untuk mengganti sikat gigi setiap 3-4 bulan atau setelah bulu sikat sudah mulai aus.

2. Gunakan Benang Gigi

Selain menyikat gigi, menggunakan benang gigi juga penting untuk membersihkan sisa makanan dan plak di antara gigi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi.

Gunakan benang gigi setidaknya sekali sehari, idealnya sebelum tidur malam, untuk membersihkan sela-sela gigi dengan hati-hati dan mengurangi pertumbuhan plak.

Baca juga: Bila Terpilih, RMD Komitmen Perbaikan Infrastruktur dan Membuka Lapangan Pekerjaan

3. Minum Air Setelah Makan

Minum air setelah makan dapat membantu membersihkan sisa makanan yang menempel pada gigi dan meredakan tingkat keasaman di mulut. Ini membantu mencegah pembentukan plak dan mengurangi risiko terjadinya kerusakan gigi akibat asam.

4. Batasi Konsumsi Makanan Manis dan Asam

Makanan manis dan asam dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri di mulut dan merusak enamel gigi. Batasi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula dan asam, seperti permen, minuman bersoda, dan makanan ringan yang lengket.

5. Gunakan Mouthwash Berkadar Fluoride

Mouthwash yang mengandung fluoride dapat membantu mengurangi plak, menguatkan enamel gigi, dan melawan bakteri penyebab karang gigi. Gunakan mouthwash setelah menyikat gigi untuk membersihkan area yang sulit dijangkau dan memberikan perlindungan tambahan untuk gigi dan gusi Anda.

6. Rutin Berkunjung ke Dokter Gigi

Terlepas dari perawatan di rumah, rutin berkunjung ke dokter gigi untuk pemeriksaan dan pembersihan profesional sangat penting dalam menjaga kesehatan gigi dan gusi Anda.

Dokter gigi dapat membersihkan plak yang sulit dijangkau dan memberikan saran serta perawatan tambahan sesuai kebutuhan.

Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana ini secara teratur, Anda dapat mengurangi risiko terjadinya karang gigi dan menjaga kesehatan gigi dan gusi Anda. Ingatlah bahwa perawatan gigi yang baik merupakan investasi untuk kesehatan mulut jangka panjang Anda.