bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Mensos Risma Yakin ODGJ Bisa Sembuh

M Ridwan - Ragam -> Kesehatan
Sabtu, 4 Mei 2024 00:10
    Bagikan  
ODGJ,
Ist

ODGJ, - Orang dengan gejala gangguan jiwa bisa sembuh dan berdaya jika ditangani dengan baik.

HELOINDONESIA.COM - Menteri Sosial Tri Rismaharini yakin Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) bisa sembuh dan berdaya jika ditangani dengan baik. Selain itu juga butuh waktu dan berproses secara medis. Untuk itu, tindakan medis dan dukungan sosial harus berjalan berdampingan.

Sebelumnya, Mensos telah menurunkan tim Kementerian Sosial untuk melakukan asesmen biopsikosoial di Kabupaten Sumba Timur Nusa Tenggara Timur bersama dokter spesialis jiwa yaitu dr. Dickson Legoh, Sp.KJ dan dr. Albert A Maramis Sp.KJ (K). Selain pemeriksaan kesehatan, Kemensos juga memberikan bantuan pemenuhan hidup layak. Asesmen kebutuhan juga dilakukan untuk mengetahui kebutuhan penerima manfaat (PM) seperti dukungan aksesibilitas dan pemberdayaan.

Baca juga: BMKG Informasikan Sesar Besar Sumatera di Darat Tidak Memicu Sunami

“Ternyata memang jumlahnya cukup besar karena itu kami coba tangani. Saya mengajak dr. Dickson dan dr. Albert dari Jakarta untuk membantu penanganan ini,” katanya saat memberikan keterangan di hadapan media di Puskesmas Katanang, Sumba Timur, Kamis (2/5).

Sementara itu, dr Dickson mengatakan ia bersama tim Kementerian Sosial telah menerima data sebanyak 419 ODGJ di Kabupaten Sumba Timur dan setengahnya telah diasesmen. “Sejak hari Minggu 27 April sampai dengan hari ini telah terkonfirmasi dan diasesmen sebanyak 248 ODGJ,” ujarnya saat memberikan laporan kepada Mensos.

Baca juga: Menilik Semangat Merdeka Belajar dalam Ziarah Makam Ki Hadjar Dewantara

Hasil asesmen menunjukkan bahwa sejumlah ODGJ belum memilik Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan telah difasilitasi perekaman biometrik saat kegiatan dialog Mensos bersama Masyarakat di Puskesmas Katangan. Selain itu, tim juga menemukan 4 ODGJ dalam keadaan dipasung. Kemensos sudah mengupayakan pengkondisian bebas pasung seperti melakukan pembersihan diri dengan memotong kuku dan rambut, memandikan, memakaikan baju yang layak, sambil memberikan edukasi kepada keluarga.

Baca juga: Bowie Ketua APPSI Pasmod Graha Raya Sebut Anniversary 4th Gerai Lengkong Tangsel Penuh Pesona

Upaya pembebasan pasung ini bertujuan untuk meningkatkan harkat kemanusiaan karena sebagian besar ODGJ bisa sembuh kesehatannya jika ditangani dengan baik. Pembebasan pasung tidak mudah dilakukan karena jumlah ODGJ di Kabupaten Sumba Timur cukup banyak dan tersebar di area yang sangat luas. Luas Kabupaten Sumba Timur adalah 7.000 km2 atau lebih dari 10 kali luas daratan DKI Jakarta yang tercatat 661,5 km2, sedangkan jumlah penduduk Sumba Timur tercatat 262.653 jiwa. Adapun tim Kemensos akan terus berada di Sumba Timur hingga asesmen kepada 419 ODGJ selesai.

Tags