Helo Indonesia

Jangan Panik! Berikut Menangani Demam pada Anak dengan Mudah

Restiyan Ningsih - Ragam -> Kesehatan
Senin, 26 Februari 2024 21:02
    Bagikan  
Menangani Demam pada Anak
Freepik

Menangani Demam pada Anak - Menangani Demam pada Anak

HELOINDONESIA.COM - Demam pada anak adalah pengalaman umum yang sering kali menimbulkan kekhawatiran pada orang tua. Namun, demam sebenarnya adalah respons alami tubuh terhadap infeksi atau penyakit.

Meskipun demikian, sebagai orang tua, penting untuk mengetahui cara yang tepat untuk menangani demam agar anak merasa lebih nyaman dan mempercepat pemulihannya.

Melansir American Academy of Pediatrics, Mayo Clinic, Centers for Disease Control and Prevention, dan HealthyChildren.org. Berikut adalah panduan praktis untuk membantu Anda mengatasi demam pada anak dengan mudah:

1. Periksa Suhu Tubuh

Langkah pertama yang penting adalah memeriksa suhu tubuh anak menggunakan termometer. Suhu tubuh normal anak berada di sekitar 36,5°C hingga 37,5°C. Demam biasanya terjadi ketika suhu tubuh melebihi 38°C. Periksa suhu secara teratur untuk memantau perkembangan demam.

Baca juga: Dari Dapil Mataraman Ibas Yudhoyono Kalahkan Puan Maharani, Menjadi Caleg Dengan Suara Terbanyak se-Indonesia

2. Berikan Cairan Secukupnya

Pastikan anak Anda tetap terhidrasi dengan baik. Demam dapat menyebabkan kehilangan cairan tubuh melalui keringat dan napas yang lebih cepat. Berikan air putih, jus, atau kaldu hangat secara teratur untuk mencegah dehidrasi.

3. Hindari Pembalutan Dingin

Meskipun menggigil adalah respons alami terhadap demam, hindari membungkus anak dengan terlalu banyak selimut atau memberikan mandi air dingin. Langkah ini bisa memperburuk demam dengan mengganggu mekanisme regulasi suhu tubuh.

4. Gunakan Obat Penurun Demam dengan Bijak

Jika demam membuat anak merasa tidak nyaman, Anda bisa memberikan obat penurun demam seperti parasetamol atau ibuprofen sesuai dosis yang tepat untuk usia anak. Namun, hindari memberikan aspirin pada anak karena dapat meningkatkan risiko sindrom Reye, suatu kondisi serius pada anak.

Baca juga: Jokowi Perkuat Pengaruh di Parlemen, Prabowo Bakal Dukung Hak Angket, Cak Imin Didongkel dari PKB

5. Perhatikan Gejala Tambahan

Selain demam, perhatikan juga gejala tambahan yang mungkin dimiliki anak seperti batuk, pilek, atau nyeri tubuh. Jika demam disertai dengan gejala yang mengkhawatirkan atau berlangsung lebih dari beberapa hari, segera konsultasikan dengan dokter.

Demam pada anak adalah sesuatu yang umum dan biasanya merupakan respons alami terhadap infeksi. Dengan mengikuti panduan di atas dan memperhatikan sumber informasi yang terpercaya, Anda dapat dengan mudah menangani demam anak dengan memberikan perawatan yang tepat dan memastikan pemulihannya yang cepat.