Helo Indonesia

Arab Saudi, UEA, Mesir Beri Ucapan Selamat kepada Erdogan yang Menangkan Pilpres Turki

Winoto Anung - Internasional
Senin, 29 Mei 2023 10:24
    Bagikan  
Erdogan
ArabNews

Erdogan - Presiden Turki Tayyip Erdogan berbicara kepada para pendukungnya menyusul hasil jajak pendapat awal untuk putaran kedua pemilihan presiden di Istanbul. (Foto: Reuters)

HELOINDONESIA.COM - Raja Arab Saudi Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman telah mengucapkan selamat kepada Recep Tayyip Erdogan setelah dia dinyatakan sebagai pemenang dalam pemilihan presiden Turki putaran kedua yang bersejarah.

Pemimpin berusia 69 tahun itu mengatasi krisis ekonomi terbesar Turkiye dalam beberapa generasi dan aliansi oposisi yang kuat untuk mengambil kepemimpinan yang tak tergoyahkan.

Presiden UEA Sheikh Mohamed bin Zayed Al-Nahyan juga mengirimkan pesan ucapan selamat kepada Erdogan setelah deklarasi tersebut.

Wakil Presiden UEA dan Penguasa Dubai Sheikh Mohammed bin Rashid Al-Maktoum mengirim pesan serupa kepada Erdogan, Kantor Berita Emirates melaporkan.

Baca juga: Erdogan Rayakan Kemenangan Putaran Kedua Pilpres Turki

Presiden Mesir Abdel Fattah El-Sisi juga mengucapkan selamat kepada Erdogan, begitu pula Presiden Prancis Emmanuel Macron, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Putin mengatakan kemenangan itu adalah bukti rakyat Turki menghargai kebijakan luar negeri Erdogan yang independen.

Para pemimpin Eropa termasuk Presiden Prancis Emmanuel Macron, Kanselir Jerman Olaf Scholz dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky juga mengirim pesan ucapan selamat.

Sebelumnya, Aljazeera mengabarkan, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah memenangkan putaran kedua Pilpres (Pemilihan Presiden) Turki, yang digelar Minggu 28 Mei 2023, mengungguli suara calon dari oposisi, yakni Kemal Kilicdaroglu.

Kemenangan Erdogan itu diumumkan Dewan Pemilihan Tertinggi negara itu dan data tidak resmi dari Anadolu Agency yang dikelola negara.

Baca juga: Volume Air di Danau dan Waduk-waduk Terbesar di Dunia Mulai Menyusut, Pertanda Apa?

Kemenangan Erdogan dalam Pilpres Turki ini diperoleh dalam putaran kedua yang menegangkan setelah dia gagal mendapatkan lebih dari 50 persen suara diperlukan untuk kemenangan langsung di babak pertama pada 14 Mei.

Dengan hampir semua suara dihitung, Erdogan menerima 52,14 persen suara di putaran kedua pada Minggu, mengalahkan penantangnya, Kemal Kilicdaroglu, yang memenangkan 47,86 persen, menurut Dewan Pemilihan Tertinggi. Hasilnya diharapkan akan dikonfirmasi dalam beberapa hari mendatang.

Pemungutan suara menyegel tempat Erdogan dalam sejarah saat ia memperpanjang pemerintahannya selama 20 tahun untuk lima tahun berikutnya.

Erdogan memerintah telah melampaui 15 tahun kepresidenan pendiri Republik Turki, Mustafa Kemal Ataturk. Menyambut kemenangan ini, Erdogan muncul di luar kediamannya di Uskudar Istanbul, di mana dia bernyanyi sebelum berterima kasih kepada kerumunan yang memujanya. (*)

(Winoto Anung)