Helo Indonesia

Elon Musk Dituding Antisemit, Apple, IBM, Disney Menarik Iklan dari Platform X

M. Haikal - Internasional
Selasa, 21 November 2023 16:44
    Bagikan  
Elon Musk,
Foto: tangkapan layar

Elon Musk, - CEO Twitter Elon Musk.

HELOINDONESIA.COM - Apple, Disney, dan Warner Bros Discovery adalah beberapa perusahaan teknologi besar yang telah menghentikan iklan online mereka di Twitter, setelah Elon Musk, pemiliknya, membuat pernyataan antisemit di platform tersebut.

Keputusan perusahaan tersebut diambil sebagai tanggapan atas balasan Musk terhadap postingan X yang menuduh “komunitas Yahudi” mendorong “kebencian terhadap orang kulit putih. ”

"Anda telah mengatakan kebenaran yang sebenarnya," tulis Musk.

Seperti yang dilaporkan oleh Axios dan masing-masing New York Times, Apple dan Disney telah menghentikan iklan mereka di X dan Twitter.

Baca juga: Santriwati Pondok Alfalah Tunggu Bantuan Perbaikan Atap Asrama

Warner Bros Discovery, IBM, Paramount Global, dan Lions Gate Entertainment juga telah menghentikan iklan mereka di situs web mereka.

IBM mengklaim "tidak menoleransi ujaran kebencian dan diskriminasi" dan "segera menangguhkan semua iklan di X sementara kami menyelidiki situasi yang sepenuhnya tidak dapat diterima ini."

Langkah ini diambil karena Musk menghadapi kritik yang semakin meningkat atas penanganannya terhadap X.

Awal pekan ini, terungkap bahwa iklan dari beberapa perusahaan besar, termasuk Apple dan IBM, ditampilkan di samping "konten yang memuji-muji" Adolf Hitler dan Partai Nazi-nya, yang membuat situs tersebut dituduh menggunakan platform antisemitisme.

Baca juga: Lampung Bergerak Reuni 212 Munajat Kubro Kemerdekaan Palestina

Juru bicara Gedung Putih Andrew Bates juga mengkritik Musk, menyatakan bahwa pernyataannya "tidak dapat diterima" dan "mengerikan".

Gates juga menyatakan bahwa Musk mengulangi "kebohongan di balik tindakan Antisemitisme paling fatal dalam sejarah Amerika."

Situs X sangat bergantung pada pendapatan dari iklan, dan kehilangan pengiklan dapat mempengaruhi keuntungannya secara signifikan.

Akibatnya, penangguhan iklan yang dilakukan oleh beberapa perusahaan besar sangat merugikan keuangan situs tersebut.

Baca juga: Bukan Hanya Cantik Menggoda, 7 Manfaat Ubi Ungu untuk Kesehatan Tubuh!

Sejak Musk mengambil alih perusahaan pada Oktober 2022, X telah terlibat dalam sejumlah kontroversi, dengan yang terbaru terkait pernyataan Musk.

Menurut tuduhan, Musk telah melakukan berbagai tindakan, mulai dari memecat karyawan tanpa alasan yang jelas hingga memulihkan akun pengguna yang diblokir.

Bagaimana menurut kalian atas statement yang dikeluarkan oleh Elon Musk, apa kalian satuju?