Helo Indonesia

Polsek Terbanggibesar Gerebek Gudang 35 Ton Pupuk Palsu

Selasa, 5 September 2023 17:47
    Bagikan  
Polsek Terbanggibesar Gerebek Gudang 35 Ton Pupuk Palsu

Kemasan pupuk berbagai merk yang diduga dipalsukan (Foto Zen Sunarto/Helo)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM -  Polsek Terbanggibesar Lampung Tengah menggerebek gudang pembuatan pupuk di Kampung Karangendah, Terbanggibesar Lampung Tengah, Selasa (5/9/2023), pukul 13.00 WIB.

Dari gudang tersebut, polisi menemukan sekitar 35 ton pupuk berbagai merek yang diduga palsu. Namun saat penggerebekan pemilik pupuk tidak berada di tempat. Diperkirakan, penggerebekan bocor sehingga pemilik keburu kabur.

Penggerebekan dipimpin Kapolsek Terbanggibesar AKP Edy Qorinas disaksikan Kepala Kampung Karangendah Sutarman dan pamong desa lainnya. Polisi juga memasang police line di lokasi gudang di pinggir jalan Karangendah Seputihmataram itu.

Baca juga: KPU Buka Pendaftaran Capres-Cawapres Mulai 10 Oktober 2023

Dari gudang yang sekaligus tempat pembuatan pupuk, petugas juga menyita ribuan kemasan kantong pupuk berbagai merek dan pupuk siap jual. Pupuk berbagai merek yang di produksi di Karangendang diduga sudah beredar dipasaran di sejumlah kabupaten di Lampung.

Kapolsek Terbanggibesar AKP. Edy Qorinas mendampingi Kapolres Lampung Tengah AKBP. Andik Purnomo Sigit mengatakan pupuk yang diproduksi di gudang Karangendah diduga tidak memenuhi standart.

Baca juga: Pabrik Pupuk Palsu Pemasaran se-Sumbagsel Terbongkar di Lamsel

" Kita akan cek semua perijinan pupuk, termasuk juga kandungan NPK nya, sesuai tidak dengan yang tercantum pada kemasan," ujar Edy Qorinas di lokasi penggerebekan di Karangendah.

Menurut kapolsek polisi masih memburu pemilik pupuk dan siapa saja yang terlibat dalam peredarannya. " Innsya Allah kita tangkap secepatnya. Semuanya akan diperiksa siapa yang terlibat", ujar mantan Kasatreskrim Polres Lampung Tengah tersebut. (Zen Sunarto)