Helo Indonesia

Ditabrak Truk Karena Lawan Arah, 7 Pemotor Korban Laka di Lenteng Agung Akan Ditilang dan Terancam Pidana

Rabu, 23 Agustus 2023 20:43
    Bagikan  
Kecelakaan di jalan Raya Lenteng Agung, Jagakarsa, Jaksel.
Instagram/ @infodepok_id

Kecelakaan di jalan Raya Lenteng Agung, Jagakarsa, Jaksel. - Kecelakaan menimpa 7 pemotor yang melawan arus lalulintas di Jalan Raya Lenteng Agung, Jagakarsa, jakarta Selatan.

HELOINDONESIA.COM - Sebanyak 7 pengendara motor yang melawan arus lalu lintas  ditabrak truk bermuatan bata hebel yang melaju di jalur yang benar di Jalan Raya Lenteng Agung, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Selasa (22/8) pagi. Rekaman kejadian ini pun sempat viral di dunia maya.

Banyak netizen yang mengaku geram dengan ulah pengendara-pengendara yang melawan arus lalu lintas ini. Pun demikian pihak kepolisian. Tak salah memang, pasalnya, karena ulah mereka tak hanya diri mereka yang melawan arus yang bisa celaka, orang lain pun bisa kehilangan nyawa.

Dan sesuai dengan prediksi netizen, para pengendara yang ditabrak truk pun kena batunya. Pasalnya, tak hanya menderita luka-luka karena ditabrak truk, mereka juga ditilang dan bahkan dipastikan tidak akan mendapat santunan, karena perbuatan melanggar lalu lintas yang dilakukan.

Baca juga: Antisipasi Kecelakaan, Mbak Ita Dorong Polrestabes Bangun Posko dan ETLE di Silayur

"Iya, pasti (sanksi tilang). Kalau penilangan sudah pasti," ujar Kepala Satuan Lalu Lintas Wilayah Jakarta Selatan Kompol Bayu Marfiando saat dikonfirmasi, Rabu (23/8).

Tak cukup sampai disitu, Bayu menyebut, selain sanksi berupa tilang, semua pengendara motor yang melawan arus juga bisa dikenai sanksi pidana.

"Bukan hanya tilang, kalau ternyata hasil penyidikannya mereka salah, ya mereka juga bisa dipidana. Pidana walaupun kerugiannya hanya kerugian materiil. Itu prosesnya lanjut, enggak hanya tilang. Tapi nanti mekanisme kecelakaan lalu lintasnya yang akan kami terapkan," katanya.

Baca juga: Setelah Kecelakaan Kereta vs Truk, PT KAI Divre IV Tanjungkarang Tutup Jalan

Walau penyelidikan masih berlangsung, Bayu mengungkapkan, sejauh ini sopir truk bernomor polisi B-9127-KYY tak bersalah. Berdasarkan hasil penyelidikan sementara, belum terbukti ada kesengajaan sopir truk berinisial AS itu menabrak para pengendara motor.

"Apakah ada dugaan kesengajaan atau tidak dari pengendara mobil, itu masih kami dalami. Sejauh ini, yang diduga sebagai penyebab kecelakaan adalah karena kendaraan melawan arus," ungkap Bayu.

Bayu menerangkan, saat ini polisi sudah mengamankan dua motor dan truk yang terlibat kecelakaan. Namun, ada sejumlah pemotor melawan arah yang langsung kabur setelah tertabrak truk.

Baca juga: Kecelakaan di Jalur Bukateja, Masuk Kolong Truk Gandeng Pemotor Tewas

Sebelumnya dikabarkan, truk pengangkut bata hebel menabrak 7 motor yang lawan arah di Lenteng Agung. Kejadian ini bahkan sempat terekam dalam video amatir yang diunggah di media sosial, salah satunya di akun Instagram @infodepok_id.

Kecelakaan ini terjadi karena para pengendara motor nekat melawan arah. Awalnya, para pemotor yang lawan arah ini sempat berhenti di pinggir jalan karena ada truk yang melaju dari arah sebaliknya, yakni Pasar Minggu menuju Depok.

Tiba-tiba pengendara motor paling depan tertabrak truk bata hebel itu. Alhasil para pengendara motor di belakangnya pun juga terkena imbas tabrakan beruntun tersebut.