Helo Indonesia

Baru Jabat Kapolsek Terbanggibesar, AKP Edy Qorinas Gulung Bank Plecitsi

Jumat, 7 Juli 2023 22:30
    Bagikan  
Tiga tersangka Bank Plecit

Tiga tersangka Bank Plecit - (Foto Zen Sunarto/Helo)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Dua hari menjabat Kapolsek Terbanggibesar Lampung Tengah, AKP Edy Qorinas langsung menggulung kawana "Bank Plecit", koperasi keliling atau renternir yang meminjamkan uang dengan bunga tinggi..

"Saya bersama Tim Tekab 308 Polsek Terbanggibesar menangkap empat orang yang sedang berada di Pasar Harapanrejo," ujar Mantan Kasatreskrim Polres Lampung Tengah itu di Mapolsek Terbanggibesar, Jumat (07/07/2023).

AKP Edy Qorinas mewakili Kapolres Lampung Tengah AKBP. Doffie Fahlevi Sanjaya mengatakan para petugas bank plecit meresahkan warga karena terkadang menagih dengan cara kasar.

Mereka yang ditangkap insial BA, DA, WA, dan AL. Mereka warga Sungaki Utara, Kabupaten Lampung Utara. Sang penagih utang renternir itu kini ditahan di Mapolsek Terbanggibesar.

Baca juga: Tewaskan 7 Pekerja, Pembangunan Lantai 5 Az Zahra Tak Punya Izin PBG

Mereka memaksa Agus Biyanto, warga Kampung Harapanrejo Seputih Agung, membayar pinjamannya pada Selasa (4/7/2023). Namun karena belum punya uang, korban dianiaya oleh empat pelaku.

undefined

AKP. Edy Qorinas DY (Foto Zen Sunarto/Helo)

Menurut Edy Qorinas semua pihak yang terkait dengan kegiatan yang meresahkan warga itu akan diperiksa. "Apakah meraka memiliki ijin dari OJK atau tidak, semuanya akan diperiksa," ujar Kapolsek Terbanggibesar itu.

Umumnya para korban bank pleci adalah mereka yang kondisinya lemah. Akibat ulah bang plecit tersebut tidak sedikit warga di Seputih Agung yang harus menjual rumahnya, bahkan mereka ada yang bercerai gegara koperasi keliling tersebut. (Zen Sunarto)