Helo Indonesia

Belasan Tahun Gelap, Dugaan Korupsi Proyek Pipanisasi 2010 yang Membelit Wali Kota Jambi Ditagih ke Kejagung

Selasa, 6 Juni 2023 17:33
    Bagikan  
Wali Kota Jambi,
Foto: tangkapan layar

Wali Kota Jambi, - Wali Kota Jambi Syarif Fasha dan surat permintaan keterangan dalam kasus dugaan korupsi pipanisasi tahun 2009/2010 di Tanjung Jabung Barat.

HELOINDONESIA.COM - Dugaan kasus dugaan korupsi pipanisasi di Tanjung Jabung Barat tahun 2010 yang membelit  Wali Kota Jambi Syarif Fasha terus ditagih netizen.

Dalam unggahan fotonya, akun media sosial Partaisocmed pada Senin (5/6/2023) memperlihatkan sebuah surat permintaan keterangan dari Kejaksaan Agung pada Rabu 31 Juli 2019 yang ditujukan kepada Syarif Fasha sebagai kontraktor.

Dalam surat itu, Syarif Fasha diminta kedatangannya ke Kejaksaan Tinggi Jambi terkait penyelidikan dugaan kasus korupsi proyek pipanisasi Kabupaten Tanjungjabung Barat tahun 2009/2010.  

Baca juga: Jamaah Haji Lansia dari Pesawaran Banyak Terkena Hipertensi dan Diabetes

Namun hingga sekarang, kasus itu seperti hilang ditelan bumi. Tidak ada kejelasan siapa pelaku dan berapa kerugian negara atas dugaan korupsi tersebut.

Netizen pun terus mengejar penjelasan dari Kejaksaan Agung terkait dugaan tindak pidana korupsi tersebut.

"Jika tidak ada conflict of interest* mohon KejaksaanRI menjawab mengapa Kajari Jambi lambat sekali memproses kasus yg melibatkan nama Walikota Jambi Syarif Fasha ini? Sejak 2010 ketika dia masih jadi kontraktor hingga sekarang sampai jadi Walikota?" utas Partaisocmed seperti yang dilihat pada Selasa (6/6/2023).

Baca juga: Proposal Damai Rusia-Ukraina Picu Kontroversi Dunia, Jokowi Akan Panggil Prabowo

Dugaan kasus korupsi yang terjadi sejak tahun 2009 hingga 2010 itu, menurut Partaisocmed, Syarif Fasha saat itu masih menjadi kontraktor.

"Hallo KejaksaanRI, bagaimana perkembangan kasus dugaan tindak pidana korupsi proyek pipanisasi Kabupaten Tanjungjabung Barat tahun 2009/2010 yang melibatkan Syarif Fasha sebagai kontraktor? Kenapa puluhan tahun tidak ada kejelasan sampai yang bersangkutan jadi Walikota Jambi?" utas Akun Partaisocmed pada Senin (5/6/2023).

Akun Irfan_m_idham mengungkapkan kalau kunci kasus ini ada di seorang bapak-bapak bernama Hendri Sastra. 

Baca juga: Regulasi Baru Suporter Tim Tamu Tak Boleh Masuk Stadion, Arema Merasa Dirugikan, Tapi Berfikir Positif

"Udah di kasih clue ya. Silakan skill detektif netizen yang bergerak," cuit Irfan_m_idham.

Lebih lanjut, Irfan_m_idham juga menyinggung kasus terbaru yang lagi hot.

"Sebenernya ada kasus yang lagi hot tum, cari aja Gedung Graha Lansia, gedung yang baru berumur 2-3 tahun dirobohkan untuk proyek pembangunan yang baru. Kalau ngga salah, rumah sakit, akhirnya di inspektorat kota Jambi sekarang lagi panas-panasnya," lanjutnya.

Sebelumnya, siswi SMP bernama Syarifah Fadiyah Alkaff mendadak viral setelah video unjuk perlawanannya terhadap perusahaan China dan Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi beredar di media sosial.