Helo Indonesia

Mahasiswi Jadi Tersangka Joki Penerimaan CPNS Kejaksaan

Sabtu, 2 Desember 2023 17:23
    Bagikan  
Mahasiswi Jadi Tersangka Joki Penerimaan CPNS Kejaksaan

(Foto Ist)

LAMPUNG HELOINDONESIA.COM- Polda Lampung menetapkan mahasiswi inisial RDS berusia 20 tahun sebagai joki seleksi masuk CPNS Kejaksaan di Kota Bandarlampung. Lima temannya inisial A, R, T, A, dan I masih buron.

RDS jadi tersangka setelah Polda Lampung gelar perkara pada 30 November 2023, kata Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Umi Fadilah Astutik pada konferensi pers, Jumat (1/12/2023).

Menurut, Kombes Pol Umi, untuk saat, pihaknya tidak melakukan penahanan terhadap tersangka, karena tersangka bertindak kooperatif setiap dimintai keterangan dan tinggal di wilayah hukum Polda Lampung.

Dia menjelaskan, 5 orang lainnya masih dalam pengejaran. Selain itu, penetapan tersangka RDS dilakukan setelah meminta keterangan 10 orang, meliputi 8 saksi dan 2 saksi ahli.

Baca juga: Sosialiasi Pemilu Sambil Sehatkan Masyakarat, KPU Demak Gelar Senam Massal di Alun-alun


Kelima anggota jaringan joki CPNS Kejaksaan 2023 masih dalam pengejaran Polda Lampung identitasnya sudah diketahui, masing-masing berinisial A, R, T, A, dan I."jelasnya

"Identitas lima orang itu sudah diketahui, mereka menyediakan fasilitas kepada RDS yang menjadi joki tes CPNS itu," ujar Kabid Humas Polda Lampung

Adapun peran kelima orang ini seperti memanipulasi kartu identitas RDS agar menyerupai peserta ujian yang menggunakan jasa joki tersebut.

Baca juga: Wali Kota Eva Janjikan Bayar insentif Tepat Waktu Tiap Bulan RT Dll


"Kartu identitas yang dibawa RDS sudah diedit atau dimanipulasi, pada kolom nama adalah nama peserta tetapi fotonya adalah RDS,"ujarnya

Untuk terduga pelaku pengguna jasa joki, saat ini masih berstatus saksi. Namun pihaknya masih melakukan pendalaman terhadap kedua pengguna jasa itu,"pungkasnya. (Hakim)