Helo Indonesia

Mahasiswa ITB Diduga Joki 2 Peserta Tes CPNS Kejaksaan di Lampung

Senin, 20 November 2023 20:58
    Bagikan  
Mahasiswa ITB Diduga Joki 2 Peserta Tes CPNS Kejaksaan di Lampung

RDS dan Kombes Umi (Foto Kolase Helo Indonesia (Foto Kolase Helo)

LAMPUNG,HELOINDONESIA.COM -- Mahasiswi ITB inisial RDS (20) diduga menjadi pengganti dua peserta CPNS Kejaksaan 2023 yang tertangkap di Lampung, kata Kabid Humas Polda Lampung Kombes Umi Fadilah, Senin (20/11/2023).

Menurut Kombes Umi Fadilah, hasil pendalaman penyelidikan, RDS menyamar menjadi peserta inisial N yang tes pada Jumat (10/11/2023). Dia tak lolos verifikasi identitas di server, tapi dia berhasil kabur, katanya.

RDS baru tertangkap setelah datang lagi ke lokasi yang sama untuk menjadi joki bagi peserta lain inisial D pada Senin (13/11/2023). Kembali, dia tak lolos data di server. RDS langsung diamankan petugas.

Baca juga: Barang-Barang di Rumah yang Tak Boleh Dicat, Bisa Timbulkan Bahaya

"RDS menjadi joki tes CPNS untuk dua orang peserta, tetapi berbeda hari. Semuanya untuk ujian atau tes CAT CPNS Kejaksaan tahun 2023," kata Kombes Umi Fadilah.

Dua peserta yang menggunakan jasanya inisial N warga Kabupaten Lampung Tengah dan D warga Palembang. "Kami masih kejar terduga pelaku lain yang merupakan jaringan ini," katanya.

Umi menambahkan, hingga saat ini penyidik Ditreskrimsus Polda Lampung masih melakukan pendalaman untuk membongkar jaringan joki tersebut.

"Kita masih kejar terduga pelaku lain yang merupakan jaringan ini," kata Umi.

Baca juga: Ketum DPP ETOS Andi Desfiandi Akhirnya Merapat ke BRIM-08


Diberitakan sebelumnya, Kepolisian Daerah (Polda) Lampung memburu tiga orang terduga pelaku lain atas kasus joki CPNS Kejaksaan 2023 yang terungkap di Lampung.

Polisi menyebut tiga orang ini adalah bagian dari tim RDS (20) mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) yang diamankan sebelumnya.

RDS ketahuan menjadi joki saat pelaksanaan tes CPNS Kejaksaan pada Senin (13/11/2023) di Gedung Graha Achava Join di Jalan Pramuka. (Rls/HBM)