Helo Indonesia

Tiba di RI, Mentan SYL Temui Paloh Bahas Kasus Dugaan Korupsi Kementan

Drajat Kurniawan - Nasional -> Hukum & Kriminal
Kamis, 5 Oktober 2023 09:17
    Bagikan  
Mentan Syahrul Yasin Limpo
Instagram / @pedeoproject

Mentan Syahrul Yasin Limpo - Mentan Syahrul Yasin Limpo dituliskan bakal menjadi tersangka oleh KPK. (Foto: screenshut / @pedeoproject)

HELOINDONESIA.COM - Bendahara Umum Partai NasDem Ahmad Sahroni mengungkapkan usai kembali ke Indonesia, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), akan menjelaskan kasus dugaan korupsi yang menyeret dirinya kepada Ketua Umum NasDem Surya Paloh.

Rencana SYL bertemu Surya Paloh, menurut Syahroni usai kembali ke Indonesia. "Sudah, sudah, kayanya sudah," kata Sahroni di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Rabu (4/10/2023) malam.

Namun Syahroni menyerahkan langsung kepada Mentan SYL untuk menjelaskan prihal kedatangannys di Nasdem tower. Dia mengaku belum mengetahui apa yang telah dibahas SYL dalam pertemuannya dengan Surya Paloh.

"Kan nanti secara langsung Pak SYL yang menjelaskan langsung supaya langsung dari Pak SYL menyampaikan. Jadi biar Pak Surya ketua umum menerima informasi langsung dari SYL," jelas Sahroni.

Baca juga: Mahfud MD Sebut Mentan SYL Sudah Lama Jadi Tersangka

Diketahui SYL sempat menghilang lantaran tidak dihubungi. Namun dikabarkan, SYL telah kembali ke Indonesia setelah sebelumnya tiba di Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang.

Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM), Silmy Karim telah mengkonfirmasi kabar SYL tiba di Tanah air. "Sudah berada di Indonesia (SYL)," ujar Silmy ketika dikonfirmasi.

Dia memastikan, SYL telah melintas di pemeriksaan imigrasi sekitar pukul 18.41 WIB. Namun diirnya tidak mengetahui secara pasti pada pukul berapa Syahrul meninggalkan bandara. "Tadi melintas di pemeriksaan imigrasi 18.41 WIB," ungkap dia.

Untuk diketahui, SYL dikabarkan menghilang tanpa kabar berdsamaan KPK melakukan penggeledahan Rumah dinas, ruang kerja dan rumah pribadi SYL. 

Baca juga: Diperiksa 3,5 Jam, Mentan SYL Mengaku Kooperatif, Siap Hadiri Panggilan Penyidik KPK

Penggeledahan dilakukan KPK karena SYL diduga terseret kasus korupsi di Kementerian Pertanian yang saat ini telah naik ke tingkat penyidikan. 

KPK menyebut ada tiga klaster di kasus tersebut mulai dari pemerasan, gratifikasi, hingga tindak pidana pencucian uang.

Namun hingga kini KPK belum mengumumkan secara resmi status SYL yang disebut-sebut sudah menjadi tersangka.