bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Resep Cara Membuat Pancong Lumer Mudah dan Lezat

Restiyan Ningsih - Hiburan -> Film
Rabu, 8 Mei 2024 14:52
    Bagikan  
Pancong Lumer
Pinterest

Pancong Lumer - Pancong Lumer

HELOINDONESIA.COM - Pancong lumer adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang memiliki cita rasa khas dan tekstur lembut yang meleleh di mulut. Kue ini biasanya terbuat dari campuran tepung terigu, kelapa parut, gula, dan santan, kemudian dipanggang hingga matang.

Pancong lumer sering dijadikan pilihan camilan yang lezat dan menggugah selera, baik untuk disantap di pagi hari sebagai teman sarapan, maupun di sore hari sebagai pendamping secangkir kopi atau teh hangat.

Berikut ini adalah resep original untuk membuat pancong lumer yang lezat dan lembut:

Baca juga: Herman HN Ungkap Strategi Menangkan Pilgub. ke-3, Ajak PAN dan PD Kembali Koalisi

Bahan-bahan:

200 gram tepung terigu serbaguna
100 gram gula pasir
100 gram kelapa parut, sangrai hingga kecokelatan
250 ml santan dari 1 butir kelapa
1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh vanili bubuk
Mentega secukupnya untuk olesan cetakan

Baca juga: Nonton Drama Korea Blood Free Episode 9 & 10 Sub Indo

Langkah-langkah:

Siapkan Bahan dan Alat: Pastikan semua bahan telah disiapkan dan diukur dengan tepat. Panaskan oven pada suhu 180 derajat Celsius. Olesi cetakan pancong dengan mentega dan sisihkan.

Campur Bahan Kering: Dalam sebuah mangkuk besar, campurkan tepung terigu, gula pasir, garam, dan vanili bubuk. Aduk rata menggunakan spatula atau sendok kayu.

Tambahkan Santan: Tuangkan santan perlahan ke dalam campuran bahan kering sambil terus diaduk hingga adonan tercampur sempurna dan tanpa ada gumpalan.

Baca juga: Nonton Drama Korea Blood Free Episode 9 & 10 Sub Indo

Tambahkan Kelapa Parut: Setelah adonan tercampur rata, tambahkan kelapa parut sangrai ke dalam adonan. Aduk kembali hingga kelapa parut merata dalam adonan.

Panggang Pancong: Tuangkan adonan ke dalam cetakan pancong yang telah diolesi mentega. Pastikan cetakan terisi hingga penuh. Panggang dalam oven yang telah dipanaskan selama 25-30 menit atau hingga bagian atas pancong berwarna kecokelatan dan matang sempurna.

Angkat dan Sajikan: Setelah matang, angkat pancong dari oven dan biarkan sedikit mendingin sebelum dilepaskan dari cetakan. Pancong lumer siap disajikan sebagai camilan lezat.

Penyajian Tambahan: Pancong lumer nikmat disantap dalam keadaan hangat atau pun dingin. Anda juga dapat menambahkan taburan gula halus atau parutan kelapa sebagai hiasan tambahan sesuai selera.

Pancong lumer adalah hidangan yang sederhana namun menggugah selera, cocok dinikmati bersama keluarga dan kerabat terdekat.

Dengan mengikuti resep di atas, Anda dapat dengan mudah menciptakan kelezatan kue tradisional ini di rumah. Selamat mencoba!