Helo Indonesia

Deretan Film Dokumenter Netflix Terbaik, Pembunuhan, Penipuan dan Perjalanan Hidup

Restiyan Ningsih - Hiburan -> Film
Minggu, 17 Desember 2023 20:58
    Bagikan  
Film ICe cold Cofee
Netflix

Film ICe cold Cofee - salah satu film dokumenter terbaik

HELOINDONESIA.COM - Netflix merilis banyak film-film dokumenter atau kisah-kisah seseorang atau peristiwa yang terjadi di beberapa negara.

Kini sudah terdapat banyak film dokumenter yang dikemas dengan menarik. Menonton film dokumenter pastinya bisa menjadi pilihan untuk mengisi waktu luang di akhir pekan.

Berikut ini beberapa film dokumenter yang bisa kamu tonton di Netflix dan sayang untuk dilewatkan!

Baca juga: Arnaz Kembali Pimpin KONI Kota Semarang, Siap Bawa Prestasi Atlet Melompat ke Level Lebih Tinggi

1. Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso (2023)

Salah satu film dokumenter yang mengangkat kembali kasus pembunuhan kopi sianida di Indonesia tahun 2016 ini sempat viral dan menjadi perbincangan di media sosial. Persidangan yang memanas, interogasi yang intens, dan pertanyaan tak terjawab menanti di balik kasus pembunuhan seorang perempuan bernama Mirna Solihin. Menyeret Jessica Wongso sebagai pelaku pembunuhan dengan kopi sianida.

2. Persona : Sulli

Persona: Sulli merupakan film dokumenter garapan Jung Yoon-suk. Film ini sempat batal tayang lantaran kepergian Sulli pada 2019. Lantaran hal tersebut, pihak rumah produksi Mystic Story memutuskan untuk menghentikan proyek itu. Meski begitu, rupanya kerja sama mereka dengan Netflix pada akhirnya memutuskan serial tersebut tetap akan dirilis dengan beberapa penyesuaian.

Film dokumenter ini masih diperankan oleh sang idola yang menceritakan kehidupan dan pemikiran pribadi melalui wawancara terakhirnya. Film ini juga akan mengungkap perjalanan sang idol selama berjuang menjalani hidup di dunia.

Baca juga: Yusril: Alat Bukti Firli Terlibat Pemerasan Tak Seusai Putusan MK

3. The Tinder Swindler (2022)

Pernah ramai penipuan yang dilakukan melalui sebuah aplikasi kencan? Film dokumenter ini sempat menjadi topik perbincangan hangat publik karena kisahnya yang mencengangkan. The Tinder Swindler merupakan film dokumenter karya sutradara Felicity Morris yang menceritakan aksi penipuan seorang pria asal Israel lewat aplikasi kencan Tinder.

Simon Leviev adalah sosok utama dalam aksi penipuan ini. Ia menipu banyak wanita mancanegara dengan melakukan catfishing seolah dirinya adalah seorang miliarder yang sukses.

4. The Great Hack (2019)

The Great Hack adalah film dokumenter yang menceritakan skandal data Facebook–Cambridge Analytica. Film yang dirilis di Netflix pada Juli 2019 tersebut merupakan karya Jehane Noujaim dan Karim Amer.

Film dokumenter ini berfokus pada Profesor David Carroll dari Parsons School of Design, Brittany Kaiser (mantan direktur pengembangan bisnis untuk Cambridge Analytica), dan jurnalis investigasi asal Inggris, Carole Cadwalladr. Dengan caranya masing-masing, ketiganya mengungkap apa yang dilakukan Cambridge Analytica dalam kontestasi politik di berbagai negara, termasuk kampanye Brexit dan Pemilu AS 2016.

Baca juga: Propam Polri Jamin Netralitas Polri pada Pemilu 2024

5. Taylor Swift: Miss Americana

Mengintip perjalanan sang idola menjadi hal yang favorit para penggemarnya. Rangkuman perjalanan karir Taylor Swift yang memulai karir menjadi penyanyi country hingga menjadi sosok sensasional dengan karya yang luar biasa di dunia musik pop, membuat dokumenter satu ini tidak boleh dilewatkan.

6. Cyber Hell: Exposing an Internet Horror

Skandal “Nth Room” yang berasal dari Korea Selatan ternyata menjadi salah satu kejahatan siber dalam hal seks yang paling mengejutkan dalam ingatan baru-baru ini.

Dokumenter ini mengeksplorasi bagaimana apa yang tampaknya hanyalah sebuah ruang obrolan online biasa dan anonim ternyata menjadi saluran untuk manipulasi, pemerasan, eksploitasi, dan penyalahgunaan.