bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Ikut Tanam Modal Dipembangunan IKN, Proyek Apa dan Berapa Banyak Cuan Crazy Rich Aguan-Sukanto Tanoto?

Syahroni - Ekonomi
Senin, 21 Agustus 2023 17:53
    Bagikan  
Istana IKN
BPK

Istana IKN - Istana IKN, pusat ibu kota Negara Nusantara, di Kalimantan Timur. (Foto: kaltim.bpk.go.id)

HELOINDONESIA.COM - Sejumlah nama crazy rich Indonesia muncul sebagai investor yang akan ikut dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Nama-nama kongomerat yang masuk daftar investor ini adalah nama-nama besar penguasa beberapa bidang bisnis di Indonesia.

Hal itu diungkapkan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia belum lama ini.

Bahlil sedikit memberi bocoran, Konglomerat itu antara lain adalah pendiri Agung Sedayu Group, Sugianto Kusuma alias Aguan. Bahkan Aguan ia sebut menjadi pemimpin konsorsium Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) di IKN.

Baca juga: Desain IKN Diserahkan ke China, Pertahanan Negara Mengkhawatirkan, Lantas Netizen: Lebih Bodoh dari Keledai, Batalkan

Selain Aguan, Bahlil juga menyebut nama Miliarder Sukanto Tanoto bakal masuk di proyek IKN. Bahlil meyakinkan banyak investor akan masuk ke mega proyek ibu kota baru Indonesia tersebut.

"Ada Agung Sedayu kemudian Sukanto Tanoto juga akan masuk, banyak lah banyak," katanya di sela-sela acara ASEAN Economic Ministers (AEM) di Semarang, Sabtu (19/8) seperti dikutip dari detikfinance.

Dalam kesempatan itu, Bahlil juga mengungkap proyek apa saja yang bakal dibangun oleh Aguan cs. Beberapa di antaranya adalah hotel, cafe, pusat olahraga, dan lainnya.

Sementara itu, Kepala Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), Bambang Susantono mengungkapkan, banyak pihak yang akan berinvestasi di IKN. Namun rencana investasi itu saat ini dalam pembahasan.

Baca juga: DPR Tolak Rencana Ahok Bawa Pertamina Cawe-cawe di IKN dengan Bangun Resor dan Pusat Riset

"Masih dibahas," katanya di Kompleks DPR/MPR Jakarta, Senin (21/8).

Sejumlah hal masih dibahas. Salah satunya, kata dia, menyangkut alokasi lahan.

"Kesesuaian dengan misalnya dengan alokasi lahan, misalnya mereka mintanya 300 ha, kita cuma punya 150, mau nggak 150? Ataupun misalnya 300 ha di dekat daerah hijau, atau minta di depannya itu ada telaganya, ya mungkin kita dapat atau nggak? Yang kaya gini-gini ada prosesnya," terangnya.

Soal komitmen nilai investasi, Bambang belum banyak bicara. Ia mengatakan, masih menunggu pernyataan resmi.

"Kita masih nunggu hitam di atas putih, saya lebih baik saving itu," ujarnya.

Baca juga: Menteri Keuangan Sri Mulyani Bocorkan Sampai 31 Mei Kucurkan Dana Rp32 Triliun untuk Infrastruktur, Salah Satunya IKN

Untuk diketahui, Melansir laman Forbes pada Senin (21/8/2023), Sukanto Tanoto saat ini duduk di urutan ke-18 sebagai orang terkaya di Indonesia dan urutan 1.100 dunia dengan total kekayaan US$2,8 juta atau setara Rp42,79 triliun mengacu kurs Rp15.285 per dolar AS.

Sementara itu, menurut data Globe Asia pada 2018, harta kekayaan Sugianto Kusuma mencapai US$970 juta atau setara dengan Rp14 triliun.

Selanjutnya, ada pula nama raja properti Alexander Tedja yang merupakan sosok di balik PT pakuwon Jati Tbk. (PWON) yang telah menyatakan komitmennya untuk melakukan investasi di IKN.

Saat ini, Tedja duduk di urutan ke-47 sebagai orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaan sebesar US$1,2 miliar atau Rp18,34 triliun.