Ini Waktu yang Tepat untuk Menggunakan Skincare

Kamis, 12 September 2024 20:27
Ada dua waktu yang tepat untuk penggunaan skincare. Foto: tangkapan layar

HELOINDONESIA.COM - Rutin menggunakan skincare sangat penting karena perawatan kulit yang konsisten membantu menjaga kesehatan kulit dalam jangka panjang.

Ada beberapa alasan mengapa skincare harus rutin dilakukan, di antaranya mencegah masalah kulit seperti jerawat, kulit kusam, komedo, atau iritasi.

Skincare yang konsisten, terutama dengan produk anti-penuaan seperti serum yang mengandung retinol atau vitamin C, dapat membantu memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Skincare juga rutin membantu meningkatkan tekstur kulit, membuatnya lebih halus dan cerah.

Apalagi kamu yang sering terpapar sinar matahari, polusi, dan debu yang bisa merusak kulit. Dengan skincare rutin yang mencakup penggunaan sunscreen dan produk antioksidan, kulit akan lebih terlindungi dari kerusakan akibat faktor eksternal, seperti radikal bebas dan sinar UV.

Baca juga: Sepatu Roda Jateng Lampaui Target di PON, Sabet Emas Ketiga lewat Disna Ayu

Secara keseluruhan, rutin melakukan skincare memberikan manfaat yang terus berkembang dan berkesinambungan untuk menjaga kesehatan dan penampilan kulit.

Namun demikian, kamu harus bisa memilih waktu yang tepat dalam penggunaan skincare. Karena ini sangat penting untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Berikut panduan umum dalam penggunaan produk skincare, baik di pagi maupun malam hari:

Di pagi hari gunakan cleanser untuk membersihkan sisa minyak, kotoran, atau produk skincare malam sebelumnya. Langkah ini membantu menyiapkan kulit untuk langkah-langkah selanjutnya.

Kemudian gunakan toner setelah membersihkan wajah, gunakan toner untuk menyeimbangkan pH kulit dan memberikan hidrasi awal.

Toner juga membantu mempersiapkan kulit agar lebih baik dalam menyerap produk perawatan berikutnya.

Baca juga: Calon Wali Kota Reihana Diduga Nyolong Star Kampanye

Serum juga biasa dipakai di pagi hari. Biasanya difokuskan pada antioksidan, seperti vitamin C, yang membantu melindungi kulit dari radikal bebas dan kerusakan akibat sinar UV.

Gunakan pelembab setelah serum untuk menjaga kelembapan kulit dan memperkuat lapisan pelindung kulit. Pilih pelembab ringan untuk pagi hari, terutama jika kamu menggunakan makeup.

Langkah terakhir adalah menggunankan tabir surya (Sunscreen).

Ini adalah langkah terakhir dan paling penting di pagi hari. Gunakan sunscreen dengan minimal SPF 30 untuk melindungi kulit dari sinar UV yang merusak dan mencegah penuaan dini.

Sementara untuk rutinitas di malam hari sangat penting untuk membersihkan wajah dari makeup, minyak, dan polusi yang menumpuk akibat aktivitas sepanjang hari.

Jika menggunakan makeup, lakukan double cleansing (pembersihan dua tahap) dengan menggunakan pembersih berbasis minyak terlebih dahulu.

Baca juga: Finalis Kompetisi Kecantikan Dimutilasi Suaminya, Jasadnya Dimasukkan ke Dalam Blender

Sama seperti di pagi hari, toner malam hari membantu membersihkan sisa kotoran dan mempersiapkan kulit untuk menyerap produk selanjutnya.

Utamakan menggunakan serum atau essence. Serum malam biasanya fokus pada hidrasi, perbaikan kulit, dan anti-aging.

Bahan seperti retinol atau asam hialuronat sering digunakan pada malam hari untuk mempercepat regenerasi sel kulit.

Gunakan krim mata juga yang lebih kaya untuk malam hari, terutama yang mengandung bahan seperti peptida atau retinol, untuk membantu mengurangi tanda-tanda penuaan di area mata.

Baca juga: Polri Selidiki Penyelewengan Dana PON XXI Sumut-Aceh

Sementara pelembab yang lebih tebal digunakan di malam hari untuk memperbaiki dan meregenerasi kulit selama tidur.

Kulit cenderung memperbaiki dirinya sendiri pada malam hari, sehingga produk yang lebih kaya nutrisi membantu proses ini.

Berita Terkini