Viral, Kim Jong Un Eksekusi Mati 30 Pejabat Korea Utara karena Gagal Cegah Banjir Bandang

Jumat, 6 September 2024 09:47
Kim Jong Un KCNA VIA KNS / AFP

HELOINDONESIA.COM - Warganet dihebohkan oleh pemberitaan dari Korea Utara, Kim Jong Un mengeksekusi mati beberapa pejabat pemerintah usai bencana banjir bandang yang menewaskan ribuan orang pada bulan Juli.

Melansir TV Chosun, sekitar 20 hingga 30 pejabat pemerintah di daerah yang dilanda banjir, telah dieksekusi mati dengan cara ditembak pada Agustus ini.

Media Korea Selatan menyebut bahwa pejabat-pejabat tersebut didakwa karena korupsi dan kelalaian tugas, dengan eksekusi dilakukan pada bulan lalu.

Baca juga: Pecco Bagnaia Minta Maat Pada Alex Marquez Meski Hilang Poin dan Dapat Cedera Bahu Kiri

Kabar eksekusi mati di Korut dilaporkan oleh Badan Intelijen Nasional Korea Selatan, yang memantau situasi usai mendapatkan informasi intelijen soal berita tersebut.

Hujan deras yang terjadi bulan Juli tersebut membuat sekitar 4.100 rumah warga menggenangi jalan hingga rel kereta api, dan merusak sekitar 3.000 hektar lahan pertanian di kota Sinuiju.

Baca juga: Darurat Demokrasi Indonesia

Lebih lanjut banjir paling luas terjadi di wilayah utara profinsi Jagang. Beberapa mayat juga ditemukan saat proses pembersihan tanah, setelah permukaan mulai surut pasca banjir.

Meskipun demikian, laporan independen mengenai eksekusi ini sulit diverifikasi.

Berita Terkini