5 Cara Agar Makeup Tahan Lama Seharian

Jumat, 2 Februari 2024 09:31
5 Cara Agar Makeup Tahan Lama Seharian grid.id

HELOINDONESIA.COM - Suka kesal karena makeup mudah luntur? Mau tak mau harus touch up atau makeup ulang. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari tidak menyiapkan kulit dengan benar, pemilihan produk yang kurang tepat, hingga wajah yang terlalu lembap.

Dibawah ini cara agar makeup tahan lama seharian anti geser!

1. Bersihkan dan Siapkan Kulit dengan Baik

Sebelum mengaplikasikan make up, pastikan kulit bersih dari minyak, debu, atau kotoran lainnya. Kamu bisa membersihkan wajah menggunakan facial wash yang sesuai dengan jenis kulit. Kemudian, gunakan toner untuk menyeimbangkan pH kulit.

Setelah kulit bersih sempurna, aplikasikan pelembap untuk menjaga kadar air pada kulit. Penggunaan pelembap juga bisa membantu riasan lebih menempel dan tidak mudah 'geser' saat terkena masker atau panas matahari.


2.  Gunakan Primer yang Sesuai dengan Jenis Kulit

Menggunakan primer adalah langkah penting yang tidak boleh kamu lewatkan agar make up tahan lama.

Primer membantu meratakan tekstur kulit, menyamarkan pori-pori, dan menciptakan lapisan yang membuat make up bisa menempel sempurna pada kulit wajah.

Pilih primer yang sesuai dengan kebutuhan kulit, seperti primer dengan efek matte untuk mengontrol minyak berlebih atau primer dengan efek mencerahkan untuk kulit kusam.


3. Hindari Menggunakan Makeup dengan Banyak Lapisan

Hindari menggunakan foundation tebal dan kental. Lapisan foundation yang tebal tidak akan menempel pada kulit wajah dengan baik, bahkan akan luntur setelah beberapa jam diaplikasikan.


4. Pilih Produk Makeup yang Tahan Lama

Pemilihan proruk make up yang tepat juga berperan penting agar riasan yang dibuat bisa bertahan seharian.

Pilihlah foundation, concealer, eyeshadow, dan lipstik yang memiliki formula tahan lama. Perhatikan label produk yang menyebutkan "long-lasting", "waterproof", atau "transfer-proof".

Produk dengan label ini biasanya diformulasikan khusus sehingga bisa tahan di kondisi panas dan lembap seperti Indonesia. 


5. Gunakan Setting Spray Untuk Mengunci Makeup

Setting spray memiliki fungsi utama untuk mengunci make up agar lebih tahan lama. Menggunakan produk ini setelah proses make up selesai jadi salah satu cara agar make up tahan lama sehingga kamu bisa tampil cantik sepanjang hari.

Selain itu, setting spray juga punya berbagai fungsi lain, mulai dari mengontrol minyak berlebih, meratakan tampilan make up, memberikan efek dewy atau matte, serta memberikan hidrasi tambahan pada kulit.

Berita Terkini