bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Awal Puasa Sudah Dimulai 7 Maret, Jamaah Masjid Aolia Gunung Kidul Minta Saling Hormati Perbedaan

Ratu Mandiri - Ragam -> Trending
Sabtu, 9 Maret 2024 12:34
    Bagikan  
RAMADAN
istimewa

RAMADAN - Ramadan 2024 sudah dimulai oleh warga Jamaah Masjid Aolia, Gunung Kidul

HELOINDONESIA.COM - Awal puasa Ramadan sudah dimulai sejak Kamis 7 Maret lalu oleh jemaah masjid Aolia yang berada di Kecamatan Panggang kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta.

Penetapan awal puasa Ramadan ini menurut informasi dari kalangan Masjid Auliah, dilakukan berdasarkan hitungan kalender mereka yang menetapkan 1 Ramadan jatuh pada Kamis 7 Maret 2024.

Sesuai perhitungan mereka, karena awal Ramadan dimulai 7 Maret maka mereka telah melaksanakan shalat tarawih sejak Rabu malam lalu. Jumlah rakaat salat tarawih sebanyak 23 rakaat lengkap dengan shalat wetir.

Baca juga: 10 Ide Bisnis Minuman di Bulan Puasa Laris Manis

Sementara Pemerintah sampai sekarang belum menetapkan awal bulan Ramadan. Penetapan awal Ramadan 2024 masih menunggu hasil sidang isbat yang akan dilakukan Kementrian Agama sebagai dasar penetapan 1 Ramadan 1445 H.

Adapun warga Muhammadyah telah menetapkan awal puasa 2024 atau 1 Ramadan 1445 H yakni Senin 11 Maret 2024. Penetapan ini dilakukan berdasarkan metode Hisab Wujudul Hakiki.

Pengelola Jamaah Masjid Aulia Gunung Kidul mengimbau pada umat islam agar menghormati perbedaan yang ada dan fokus untuk kerukunan umat beragama. ***