bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

5 Tanaman yang Ampuh Mengsusir Nyamuk

Ratu Mandiri - Ragam -> Trending
Rabu, 6 Maret 2024 14:41
    Bagikan  

-

HELOINDONESIA.COM - Gigitan nyamuk tidak hanya terasa gatal dan tidak nyaman nyamuk juga membawa banyak penyakit seperti DBD. Kalau sudah begini adakah cara alami usir nyamuk? Jangan takut ada tanaman pengusir nyamuk. 
Percaya atau tidak, ada banyak tanaman yang bisa Anda tanam tepat di kebun Anda yang mencegah nyamuk menyerang. Banyak dari tanaman itu mengeluarkan bau atau mengandung minyak yang tidak disukai nyamuk.

1. Citronella

Betulkah Tanaman Citronella Efektif Mengusir Nyamuk? Halaman all -  Kompas.com
Salah satu tanaman pengusir nyamuk yang paling terkenal adalah citronella. Citronella menghasilkan aroma kuat seperti jeruk yang tidak disukai nyamuk.

Baunya sama dengan yang digunakan pada lilin untuk mengusir serangga.Tanaman serai wangi yang merupakan salah satu jenis geranium wangi dapat ditanam di taman atau sebagai tanaman kontainer.

2. Lavender

12 Manfaat Bunga Lavender di Kehidupan, Bantu Usir Nyamuk!

Anda mungkin sudah memiliki lavender yang tumbuh di kebun Anda-ini adalah tanaman dengan pemeliharaan rendah, tahan kering dan disukai oleh banyak pecinta tanaman.Tidak hanya mudah tumbuh, lavender juga menghasilkan minyak yang sangat efektif sebagai pengusir nyamuk.

"Lavender adalah tanaman yang akan tumbuh subur di musim panas yang kering," kata Linda Vater, pakar tanaman untuk Southern Living Plant Collection doikutip dari Martha Stewart.

"Aromanya luar biasa di taman dan mengusir nyamuk, sementara bunga ungu menarik serangga penyerbuk."

3. Daun mint

7 Jenis Tanaman Mint yang Bisa Dibudidayakan, Kaya Manfaat - Hot  Liputan6.com

Peppermint mengeluarkan aroma menyegarkan yang disukai manusia, namun nyamuk tidak. Tanaman ini menyebar dengan cepat, jadi hanya satu saja yang bisa mengendalikan nyamuk dalam jumlah yang cukup pada musim tersebut.

"Peppermint memiliki aroma yang sangat kuat sehingga merupakan pengusir serangga alami yang efektif," kata Carrie Spoonemore dari Park Seed.

4. Sage

Daun Sage - Sage Leaf / 100gr | Pasar Rakyat Bali

Tanaman keras abadi yang berbunga di musim semi, sage adalah ramuan aromatik lain yang efektif untuk mengusir nyamuk.

"Tanaman abadi berumur panjang ini mudah tumbuh dan menjadi andalan untuk taman atau wadah," kata Spoonemore.

Anda juga dapat menanamnya bersama sayuran yang berisiko dirusak oleh hewan, karena sage adalah tanaman pendamping yang baik.

5. Rosemary

NM - Rosemarry | Biocarve Seeds

Aroma rosemary yang harum memiliki fungsi ganda:menyambut penyerbuk, tetapi tidak disukai nyamuk.

"Rosemary membuat teras jadi lebih menawan dan beraroma yang menarik dengan perawatan rendah," kata Vater soal tanaman pengusir nyamuk.