Helo Indonesia

Musim Hujan Jemur Pakaian Jadi Bau, Ini Cara Mengeringkan Baju Tanpa Sinar Matahari

Ratu Mandiri - Ragam -> Trending
Jumat, 2 Februari 2024 10:23
    Bagikan  
Tips Jemur Pakaian tanpa matahari
pinterest

Tips Jemur Pakaian tanpa matahari - Baju yang tidak kering akan mengeluarkan bau tak sedap.

HELOINDONESIA.COM - Hujan yang terus mengguyur hampir sepanjang hari, banyak warga mengeluh jemuran yang tak kunjung kering. Bagaimana cara mengeringkan baju tanpa matahari?
Dalam beberapa hari ke belakang, hujan terus mengguyur sejumlah wilayah di Indonesia. Tak main-main, hujan bahkan bisa datang hampir sepanjang hari.
Akibatnya, cahaya matahari pun tak bersinar dengan cerah. Baju-baju yang dijemur pun tak kunjung kering dan menyebabkan bau tidak sedap.
Dibawah ini ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengeringkan baju tanpa matahari. Yuk simak!

1. Memakai Kipas Angin

Kipas angin bisa membantu mengeringkan pakaian di dalam ruangan.
Mengutip The Guardian, letakkan kipas angin di dekat AC (jika ada) dan biarkan jendela terbuka. Kipas angin akan mengalirkan udara sehingga membantu mengeringkan pakaian lebih cepat dan mencegah jamur.

2. Bungkus dengan Handuk

Meski terdengar aneh, tapi cara ini efektif membantu proses pengeringan pakaian di dalam ruang. Bungkus pakaian dengan handuk kering. Cara ini akan membantu menghilangkan kelebihan air dan memangkas waktu pengeringan.

Lipat handuk memanjang dan letakkan pakaian di atasnya. Lalu, gulung handuk hingga membentuk seperti sosis hingga air keluar.

Lepas gulungan beberapa saat dan jemur pakaian di dalam ruang. Anda disarankan menjemur pakaian di area dekat jendela agar mendapatkan aliran udara.

3. Menggunakan Hair Dryer

Mengeringkan pakaian dengan hair dryer bisa jadi alternatif di musim hujan seperti sekarang.

Namun, cara ini bekerja maksimal pada pakaian tipis atau yang berukuran kecil. Misalnya saja pakaian dalam dan kaus kaki.

Hanya saja, pastikan beri jarak antara hair dryer dengan pakaian untuk menghindari kain terlalu panas.

Selain itu, berhati-hati agar tidak menghalangi aliran udara ke bagian belakang hair dryer. Pasalnya, hal ini dapat membuat hair dryer memanas dan rusak.

4. Jemur Di langit dapur atau didalam Ruangan

Dengan cara ini, memanfaatkan angin angin yang ada di dalam ruangan.

5. Pakai Setrika
Cara mengeringkan baju tanpa matahari yang terakhir adalah dengan langsung menggunakan setrika. Namun, sebaiknya cara ini dijadikan opsi terakhir.

Siapkan papan atau meja setrika dan taruh baju yang basah di atasnya. Lapisi baju basah dengan handuk kering dan tekan-tekan menggunakan setrika.

Panas setrika akan mengeringkan pakaian dengan lembut. Sementara handuk akan menyerap kelembapan berlebih dari serat kain dan mencegah kerusakan akibat panas.

Hanya saja, cara ini tak bisa dijadikan solusi jangka panjang. Lakukan cara ini setidaknya hanya untuk satu atau dua potong pakaian yang basah.