Pantai Bandengan di Kabupaten Jepara Cocok untuk Berwisata dan Berolahraga, Inilah Fasilitas Olahraga yang Tersedia

Senin, 19 Juni 2023 07:21
Ade
INDAH: Pantai Bandengan di Jepara, Jawa Tengah (Dok. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jepara).

JEPARA, HELOINDONESIA.COM -Tren berwisata sembari berolahraga, mulai diminati dan gemari para wisatawan. Hal ini seiring dengan berkembangnya sport tourism yang dikembangkan di beberapa daerah. Berwisata sambil berolahragatentunya tak hanya menyenangkan tetapi juga menyehatkan. Tren ini semakin meningkat karena ada dua aktivitas sekaligus yang dilakukan.

Nah, jika Anda menginginkan hal tersebut tidak perlu melancong jauh ke luar pulau atau luar negeri. Di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah untuk melakukan dua aktivitas tersebut terdapat tempat wisata yang bisa dicoba. Di mana tempatnya? Pantai Tirta Samudra atau lebih dikenal dengan sebutan Pantai Bandengan.

Tempat wisata yang berhadapan dengan Laut Jawa tersebut, terletak 7 Km dari pusat kota Jepara. Pantai Bandengan memiliki ciri khas berpasir putih serta berlaut jernih. Pantai ini salah satu pantai favorit bagi wisatawan dari luar Jepara. Demikian disampaikan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara Zamroni Lestiaza, AP MSi melalui Kabid Pemasaran Agus Wibowo SE MM.

Pantai Bandengan merupakan pantai dengan pasir putih dan air yang jernih, bahkan cocok untuk mandi. Seringkali, wisatawan yang datang ke pantai ini menggunakan kawasan pantai untuk mandi laut. Mereka adalah anak-anak, remaja, dan wisatawan mancanegara. Waktu mandi laut yang disukai adalah pada pagi hari dan sore menjelang sunset yang memukau. Pantai Bandengan menawarkan beragam aktivitas selain mandi laut.

Tanpa Polusi

Wisatawan dapat duduk santai di atas shelter sambil menikmati semilir angin tanpa polusi. Aktivitas lainnya di pantai dengan luas sekitar 16 hektar dan banyak pohon ini adalah berkemah, voli pantai, maupun sepeda santai. Pantai Bandengan juga menyediakan berbagai aktivitas permainan, seperti perahu kano, ATV, banana boat, maupun jet sky.

Tempat wisata ini juga cocok untuk menyelenggarakan ajang motor cross dan festival layang-layang tingkat regional, nasional, maupun internasional. Di tempat tersebut juga tersedia fasilitas olahraga lainnya, meliputi venue woodball, lapangan sepakbola, dan panjat tebing.

Khusus menyambut gelaran Porprov XVI 2023 yang akan dilaksanakan awal bulan Agustus tahun ini, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara siap menyambut tamu-tamu dari 35 kabupaten/kota yang mengikuti 11 cabang olahraga di Kabupaten Jepara. Di lokasi tersebut juga banyak hotel-hotel berbintang yang bisa untuk menginap.

Asal-usul nama Pantai Bandengan  Pantai Bandengan atau Pantai Tirta Samudera memiliki asal-usul dibalik namanya. Menurut cerita masyarakat, konon seorang pemuda yang masih memiliki kekerabatan dengan Sunan Muria, yang bernama Amir Hasan, tengah mengembara untuk mengembangkan ilmu agama Islamnya. Pada suatu saat, beliau tengah dalam perjalanan menuju Kepulauan Karimunjawa yang terkenal dengan keindahannya. Di tengah perjalanan, ia memutuskan untuk singgah di sebuah desa yang saat ini dikenal dengan nama Desa "Nyamplungan".

Pasir Putih

Nama Nyamplungan merupakan nama panggilan lain Amir Hasan, yaitu Sunan Nyamplungan. Penamaan nyamplung karena Amir membawa biji nyamplung yang akan ditanam di Kepulauan Karimunjawa nantinya.

Pada saat itu, Sunan Nyamplung ditemani dua pengawal mengamati hamparan pantai luas dengan pasir putih dengan air jernih di desa tersebut. Saat menikmati pemandangan pantai yang indah, ia melihat karang-karang dan ikan berenang yang terlihat jelas dari atas permukaan laut. Ia juga melihat banyak ikan bandeng yang berenang ke sana kemari sehingga memutuskan memberikan nama pantai tersebut dengan nama Pantai Bandengan.

Setelah selesai singgah di Pantai Bandengan, Amir Hasan dan para pengawalnya melanjutkan perjalanan ke Kepulauan Karimunjawa untuk melanjutkan studi Islamnya. Sebelum tahun 1987, pantai ini dinamakan Tirta Samudra yang dikelola masyarakat sekitar. Setelah tahun 1987, pengelolaan pantai berpindah ke Pemerintah Kabupaten Jepara dengan melibatkan masyarakat setempat. (ADE)

Berita Terkini