Ayo Jelajah Karimunjawa, Ada Spot Snorkeling dan Panorama Sunset Menawan

Senin, 16 September 2024 23:44
Asyiknya kegiatan snorkeling sambil berperahu di Karimunjawa. Wisatawan Bayu Eka berfoto bersama keluarga di Tanjung Emas sebelum berangkat ke Karimunjawa. Foto: dok pribadi

JEPARA, HELOINDONESIA.COM - Singgah di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, rasanya tak afdol jika melewatkan Karimunjawa. Destinasi wisata ini termasyur karena pesona kecantikan alam yang belum terjamah dan pesona keindahan lautnya yang memukau.

Karimunjawa terdiri dari puluhan pulau kecil dengan Pulau Karimun sebagai pulau terbesarnya. Pantainya yang bersih dengan pasir putih yang lembut, air laut nan bening, serta terumbu karang yang indah. Tak salah, banyak wisatawan yang sepakat jika Karimunjawa adalah surga bagi para penyelam dan pencinta snorkeling.

Pesona bawah laut di Karimunjawa sangat memikat karena menyimpan keanekaragaman hayati laut bersama aneka ikan warna warni.

Baca juga: Perkuat Sektor Wisata dan Ekonomi Daerah, ASDP Perluas Layanan Penyeberangan Antarpulau di Tual

Wisatawan Semarang Bayu Eka mengakui Karimunjawa istimewa lantaran keindahan pantai pasir putih dan wisata lautnya yang tak kalah dengan Nusa Penida Bali dan Gili Trawangan di Lombok.

Belum lagi spot snorkeling yang memberikan sensasi bagi penyelam. Snorkeling adalah kegiatan untuk menikmati pemandangan bawah laut dari permukaan yang tak terlalu dalam. Biasanya penyelaman dilakukan 1-3 meter dari permukaan.

''Snorkeling mengajarkan keberanian. Yang penting punya mental untuk berenang di laut, karena anak saya yang umur 10 tahun pun berani menyelam,'' ujarnya.

Dia menyarankan snorkeling di sore hari karena bersamaan sore hari sembari menyaksikan panorama sunset, dimana matahari seakan tenggelam di tengah lautan.

Spot Sunset

Wisatawan banyak memanfaatkan Karimunjawa untul menikmati sunset, salah satunya di Pantai Tanjung Gelam. Pantai ini menawarkan keindahan golden sunset yang tenggelam di sebelah Barat Laut Karimunjawa.

Daya tarik untuk mengunjungi pantai ini adalah keindahan sunset dan terdapat spot foto kelapa miring yang menjorok ke pantai. Anda bisa memanfaatkan objek tersebut sebagai frame foto.

Selain bersua foto, wisatawan dapat menikmati, es kelapa muda, dan berbagai jenis makanan ringan, gorengan, dan wahana adrenalin banana boat.

Baca juga: Selamat! Ahad dan Annisa Dinobatkan sebagai Putra Putri Kota Lama 2024

Bagaimana cara menuju Karimunjawa? Anda bisa menyeberang dari Jepara dengan kapal cepat maupun dengan kapal feri Siginjai yang bisa dinaiki dari Pelabuhan Kartini Jepara dengan waktu tempuh 4,5 hingga 5 jam.

Selain itu, wisatawan juga bisa menggunakan KM Kelimutu, kapal milik Pelni yang memberangkatkan penumpang dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang ke Pelabuhan Legon Bajak Karimunjawa.

''Saya bersama keluarga sengaja berlibur ke Karimunjawa dengan naik kapal Kelimutu di Tanjung Emas. Berangkat kapalnya setiap Jumat pukul 23.59 WIB dan sampai ke Karimunjawa sekitar pukul 06.00 WIB. Harga tiketnya terjangkau kok,'' tambah Bayu.

Yuk, ke Karimunjawa untuk mendapatkan pengalaman berwisata dengan segudang kesan mendalam. (Aji)

Berita Terkini