Menikmati Sensasi Wisata Bahari dengan Berlayar ke Karimunjawa

Selasa, 10 September 2024 19:21
Kapal motor Kelimutu yang besandar di Pelabuhan Legon Bajak Karimunjawa dan suasana Pelabuhan Tanjung Emas Semarang di malam hari. Foto: nasirullahsitam.com/tanjungmas.semarangkota.go.id

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Berkesempatan menyaksikan panorama keindahan pulau di tengah air laut nan jernih adalah impian setiap wisatawan. Dan Karimunjawa di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, adalah destinasi yang recommended untuk dikunjungi bagi pelancong yang ingin sensasi berwisata bahari.

Karimunjawa juga menawarkan eksotika alam bawah laut yang menawan. Saat ini kepulauan yang sejak 2001 dijadikan Taman Laut Nasional itu terus dikembangkan. Keberadaannya menyimpan multiguna, diantaranya rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, serta tempat tinggal hampir 400 spesies fauna laut, di antaranya 242 jenis ikan hias.

Baca juga: Diimpikan Putrinya dapat Medali Emas, Rizkha/Rico Juara di Nomor Bola 15

Lalu apa sarana transportasi yang cukup mudah untuk menjangkau ke pulau di Laut Jawa yang cantik ini? Yups, pelancong bisa menyeberang dengan menaiki kapal dari Pelabuhan Kartini di Jepara atau kapal motor dari Tanjung Emas di Semarang.

Bagi yang berangkat dari Kota Semarang, sudah lama lho tersedia kapal dari PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni yang siap mengantar penumpang dari Pelabuhan Emas ke Pelabuhan Legon Bajak Karimunjawa. Kapal ini akan membawa wisatawan dari Semarang ke Karimunjawa dan sebaliknya.

Seperti dikutip dari situs resmi Pelni, melancong ke Karimunjawa, penumpang bisa menggunakan kapal Pelni KM Kelimutu Semarang dengan perjalanan dua pekan sekali setiap Jumat pukul 23.00 WIB dengan waktu tempuh sekitar enam-tujuh jam. Kapal bersandar di Karimunjawa sekitar pukul 06.00 WIB.

Sementara penyeberangan dari Karimunjawa ke Semarang pada Minggu pukul 13.00 WIB dengan estimasi perjalanan 7 jam, sehingga sampai di Pelabuhan Tanjung Emas pukul 20.00 WIB.

Baca juga: Lawan Dewa United, PSIS Semarang Siap Hentikan Laju Marukawa

Harga tiket dewasa pada tahun 2024 ini adalah Rp 358.00 untuk kelas 1, dan Rp 293.00 untuk kelas 2. Sedangkan kelas Ekonomi dipatok Rp 109.000.

Karena harganya beda, tentu fasilitas yang disediakan pun berbeda. Misalnya, untuk kelas 1 ada kamar yang diisi dua orang, kelas 2 kapasitas empat orang, dan ekonomi tempat tidurnya model barak atau berjejer. Untuk layanan makan, kelas ekonomi disediakan nasi kotak, sedangkan Kelas 1 dan 2 bisa memilih menu di resto.

''Musim liburan sekolah adalah saat high season. Penumpang bisa mencapai 400-an yang dibawa kapal Kelimutu dari Tanjung Emas ke Karimunjawa,'' ujar Angel, staf di bagian loket Pelni Kantor Semarang, Senin 9 September 2024.

Dia menyarankan dua hal. Pertama, agar penumpang selalu mengecek melalui online jadwal keberangkatan kapal. Kedua, jika memang sudah memastikan jadwal pulang-pergi, sebaiknya calon penumpang langsung membeli tiket sekaligus guna mengantisipasi adanya sinyal internet yang kurang bagus.

Berlibur

Ohya, kapal Pelni ini juga menyediakan layanan bagi wisatawan yang fokus berlibur dengan suasana super nyaman. Tersedia paket perjalanan wisata dari Semarang ke Karimunjawa. Tarifnya Rp 1.905.000/pax untuk kelas IA, Rp 1.775.000/pax untuk kelas IB, dan Rp 1.405.000/pax untuk Ekonomi.

Baca juga: Perjuangan Tim Basket Putri Jateng Raih Perunggu PON, Susah Payah Kalahkan Jabar

Di paket ini, penumpang akan mendapatkan fasilitas wah seperti hotel terapung , pemandu, boat wisata, mobil, perlengkapan menikmati pemandangan bawah laut, tiket masuk wisata, tiket kapal PP, dan buah segar.

Salah satu warga Semarang yang pernah ke Karimunjawa, Maya, mengaku merasakan sensasi berlayar ke Karimunjawa. Pasalnya, berwisata di sini akan banyak melihat keindahan pulau-pulau kecil serta keajaiban matahari terbenam di atas laut yang jernih.

''Karimunjawa itu tak pernah habis untuk diceritain. Indah dan memberikan pengalaman tak terlupakan,'' ujarnya. (Aji)

Berita Terkini