Angkutan WiraWiri Suroboyo Akan Melakukan Penambahan Rute pada Akhir 2024

Jumat, 2 Agustus 2024 11:12
WiraWiri salah satu angkutan kota surabaya yang memiliki fasilitas nyaman dilengkapi AC di dalamnya dengan harga terjangkau. humas pemkot surabaya

HELOINDONESIA.COM - Minat masyarakat semakin tinggi, moda tranportasi berdimensi kecil itu, akan menambah rute dan unite Feeder WiraWiri dan Suroboyo bus pada akhir tahun 2024 medatang.

Rute-rute baru akan menambah 7 rute Feeder WiraWiri yang sudah ada yakni rute baru Suroboyo bus direncanakan akan mengisi rute Terminal Purabaya - UNAIR Kampus C.

Sedangkan, rute terbaru feeder akan melayani kawasan permukiman atau perkampungan dan terkoneksi dengan rute trank (Suroboyo bus) atau kawasan wisata.

Sementara itu, untuk mengisi penambahan rute tersebut disiapkan 50 unit baru, yang terdiri dari 12 unit Suroboyo bus dan sisanya adalah unit Feeder WiraWiri.

Baca juga: Inilah Tujuh Rute Wira Wiri Suroboyo dan Dua Rute Baru Feeder FD07 dan FD06

"50 unit baru, kalau yang sudah beroperasi ada 56 Feeder WiraWiri dan 45 Suroboyo bus," kata Ketua Tim Perencanaan dan Pengembangan Angkutan, Bidang Angkutan, Dishub Kota Surabaya, Ismanto.

Dari data bulan Juli 2023 hingga Juni 2024 terjadi peningkatan penumpang dua kali lipat, itu sebabnya Dishub Surabaya terus melakukan penambahan angkutan ini.

Ismanto menambahkan, saat ini sedang dilakukan persiapan dan pendekatan kepada masyarakat terkait penambahan rute.

Baca juga: Ronald Tannur Dibebaskan, KPK Siap Kerja Sama dengan KY dan Bawas MA Selidiki Hakim PN Surabaya 

"Ini sedang disiapkan semuanya, termasuk pendekatan kepada masyarakat terkait rute-rute baru yang akan ditambahkan," tandasnya.

Untuk diketahui, Feeder WiraWiri diresmikan oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi pada 2 Maret 2023 lalu, untuk memecah kemacetan.

Jumlah penumpang Feeder WiraWiri sendiri cenderung mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, pada Juli 2023 tercatat ada sebanyak 64.054 penumpang, meningkat menjadi 121.250 penumpang pada Juni 2024.

Baca juga: Kejaksaan Agung Periksa Saksi Terkait Kasus TPPU Emas Surabaya

Selain itu, rute-rute feeder yang ada bisa menjangkau ke kawasan pemukiman sehingga masyarakat semakin dekat dengan layanan angkutan umum.

Rute Suroboyo bus dan feeder juga sudah terkoneksi dengan moda lainnya, seperti stasiun Pasar Turi, stasiun Gubeng, stasiun Wonokromo, dan Pelabuhan Tanjung Perak.

Bahkan, Suroboyo bus dan feeder sudah terkoneksi dengan angkutan perkotaan Trans Jatim di terminal Purabaya, halte Dukuh Menanggal dan halte Siwalankerto. **

Berita Terkini