Puluhan Balon Udara Siap Hiasi Langit Wonosobo di JBA 2024, Berharap Masuk KEN 2025

Kamis, 1 Agustus 2024 20:17
Pesona Java Balloon Attraction di Wonosobo yang memikat wisatawan lokal dan mancanegara. Foto: disparbud wnsobo

WONOSOBO, HELOINDONESIA.COM - Java Balloon Attraction (JBA) yang merupakan salah satu dari 10 even unggulan Jawa Tengah tahun 2024 kembali akan menghiasi langit Wonosobo lewat keindahan balon udara. Event ini dilaksanakan di Lapangan Taman Rekreasi Kalianget, Wonosobo,  pada tanggal 3 dan 4 Agustus 2024.

Kabid Pemasaran Disparbud Kabupaten Wonosobo Fatonah Ismangil menjelaskan, event ini telah berlangsung selama tiga tahun berturut-turut sejak 2022 lalu.

''Selain menjadi event unggulan daerah, Java Balloon Attraction adalah event balon udara tradisional yang memiliki ciri khas berupa atraksi balon udara dengan berbagai formasi baik dua maupun tiga dimensi. Pertunjukan ini hanya ada di event Java Balloon Attraction,'' kata Fatonah dalam keterangannya Kamis 1 Agustus 2024.

Baca juga: Rembang Sosialisasikan Olahraga Xiangqi, Tiga SD Jadikan Ekstrakurikuler

Keistimewaan yang ditawarkan event ini adalah pengunjung bisa menyaksikan atraksi balon udara yang tidak dijumpai pada festival balon lainnya. Hal inilah yang menjadi salah satu daya tarik wisata dan selalu ditunggu-tunggu masyarakat dan wisatawan.

Dijelaskan Fatonah, konsep event JBA yang merupakan salah satu branding Kabupaten Wonosobo yang telah dikenal di berbagai kalangan hingga mancanegara ini merupakan pengembangan even festival balon udara tradisional yang diselenggarakan oleh masyarakat Wonosobo.


Selain melaksanakan tradisi, event JBA merupakan upaya meningkatkan kualitas event balon menjadi industri pariwisata dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat serta mem-branding pariwisata Wonosobo.

Diterbangkan Bareng

Dalam event ini disajikan atraksi balon udara dengan diameter 3-4 meter dan tinggi maksimal 7 meter yang diterbangkan bersama – sama secara ditambatkan dengan membentuk formasi di udara baik dua dimensi mau pun tiga dimensi dengan bentuk tematik seperti destinasi wisata yang ada di Wonosobo. Sehingga pertunjukan balon menjadi lebih indah, menarik, dan unik.

Event JBA, lanjut Fatonah, juga didukung bazaar UMKM, kuliner dan produk ekraf lainnya, dengan tujuan memberikan dampak ekonomi para pelaku wisata dan ekonomi kreatif di Wonosobo. Hal ini juga dikuatkan dengan adanya paket wisata yang melibatkan para pelaku wisata.

Khusus atraksi balon udara dilaksanakan di pagi hari yakni pukul 06.00 – 09.00 dengan maksud untuk mengoptimalkan balon dalam kondisi terbaik karena faktor alam yakni angin di pagi hari lebih tenang. Adapun untuk kegiatan lainnya dilaksanakan secara parade hingga acara selesai.

Baca juga: Jelajah Wisata Curug Kedung Kudu Pudakpayung: Pacu Adrenalin di Medan Ekstrem

Apa saja sih yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya? Dijelaskan dia, selain dilaksanakan selama dua hari, JBA kali ini akan menampilkan empat formasi tiga dimensi yakni Gunung Sindoro, Negeri di Atas Awan, Telaga Menjer, dan Lembah Dieng.

Ditambahkannya, jumlah balon yang akan beratraksi ada 36 balon perhari. Jadi selama 2 hari ada 72 balon yang berbeda. Sedangkan tahun sebelumnya hanya 25 balon yang disajikan.

''Sementara tahun ini, Java Balloon Attraction juga akan diisi dan dimeriahkan dengan berbagai konten kegiatan seperti Edukasi Pembuatan Balon Udara Tradisional, Costume Carnival Show, Pertunjukan Band Lokal, Konser Artis Band Aftershine dari Yogyakarta serta pertunjukan Kesenian Tradisional Lengger dan Embleg Dem atau Kuda Kepang khas Wonosobo. Gelaran Bazar UMKM Kuliner dan Souvenir juga akan turut meramaikan event ini,'' bebernya.

Selain menjadi event unggulan Jawa Tengah, Java Balloon Attraction tahun ini masuk dalam rangkaian peringatan Hari Jadi ke-199 Kabupaten Wonosobo dan berkolaborasi dengan Kemenparekraf melalui Disporapar Jateng.

Dia berharap, pada pelaksanaannya ke depannya JBA dapat masuk ke dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2025 sehingga pada akhirnya memberikan dampak ikutan bagi perekonomian masyarakat Wonosobo.

Direncanakan wisatawan dari Eropa maupun Asia Pasifik akan hadir dalam event Java Balloon Attraction tahun 2024 ini. Dari Eropa rencana akan dihadiri pengunjung dari Belanda dan Prancis.
Adapun dari Asia Pasifik melalui delegasi Dahuni Fondation akan hadir perwakilan dari 25 negara Asia Pasifik.

Adapun Rundown event sebagai berikut:
Sabtu, 3 Agustus 2024
06.00-09.00 : Atraksi Balon Udara formasi 3 dimensi
09.00-12.00: Hiburan Musik Band Lokal dan Edukasi Balon Udara
08.00-10.00: Costume Carnival Show
13.00-15.00: Konser Band Aftershine
Minggu, 4 Agustus 2024 :
06.00-09.00: Atraksi Balon Udara formasi 3 Dimensi
09.00-12.00: Pertunjukan Kesenian Tradisional, Edukasi Balon Udara
06.00-12.00: Bazar Kuliner dan Souvenir
(Aji)

Berita Terkini