Disbudpar Kota Semarang Bedah Potensi Wisata Pudakpayung

Rabu, 24 Juli 2024 18:38
Disbudpar Kota Semarang bersama Deswita Pupay dan Lurah Pudakpayung membedah potensi wisata yang dimiliki Pudakpayung. Foto : Ist

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM -  Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang terjun langsung di wilayah Kelurahan Pudakpayung guna membedah potensi wisata yang dimiliki kelurahan tersebut pada Rabu 24 Juli 2024.

Rombongan Disbudpar Kota Semarang dipimpin langsung Kepala Bidang Kelembagaan Pariwisata, Nurul Fitri Cahyanti SS MM, diterima Lurah Pudakpayung Pamirah S ST, Ketua Desa Wisata Pudakpayung, Muhammad di Balai Kelurahan Pudakpayung.

Turut mendampingi Nurul Fitri, begawan pariwisata Jateng, Trenggono serta akademisi dari Udinus Izza Ulumuddin Ahmad Asshofi SE M MPar CHTMB, CHE.

Baca juga: Deswita Pudakpayung Semarang akan Beri Sentuhan Curug Kedung Kudhu Kalipepe

Bedah potensi dan dialog ini digelar menyusul dibentuknya Desa Wisata Pudakpayung baru -baru ini. Sementara, Disbudpar yang mengeluarkan SK pembentukan, melakukan pendampingan.

Dari bedah potensi wisata dan dialog, Nurul Fitri menyatakan, kelurahan Pudakpayung memiliki objek wisata cukup banyak dan beragam. "Objek wisata alam, religi dan budaya serta wisata edukasi ada semua, " Kata Nurul Fitri.

Untuk pengembangan, pintanya, harus dengan skala prioritas. Pilih paket wisata dengan objek yang paling potensial dulu.

Hal senada juga disampaikan begawan pariwisata Jateng, Trenggono. Di samping objek wisata alam, religi dan edukasi, Pudakpayung juga memiliki objek kebudayaan, terutama budaya wayang. "Ini potensi yang bisa dijadikan unggulan, " katanya.

Baca juga: Wujudkan Pemerintahan Akuntabel, Pemda Demak Gandeng Kejari Dampingi OPD

Untuk mengembangkan potensi yang ada, Trenggono membuka diri untuk bersama sama memajukan pariwisata Pudakpayung. Kalau ini sudah terwujud, muaranya adalah meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu Lurah Pudakpayung, Pamirah, bersama pengurus deswita, Pokdarwis, Camat Banyumanik, Eka Kriswanti SH MM pada Minggu ( 28/7) akan terjun langsung menyusuri Curug Kedung Kudhu, Ondorante. Kegiatan ini sekaligus untuk pemetaan objek wisata potensial. (Aji)

Berita Terkini