Kebun Binatang Semarang Zoo Masih Jadi Primadona Wisata Keluarga Saat Lebaran

Selasa, 25 April 2023 15:49
Wisatawan saat menyaksikan harimau, koleksi mamalia di Semarang Zoo.Foto: Ist/RS

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM ? Banyak warga masyarakat memanfaatkan momentum libur  Idul Fitri 1444 Hijriyah untuk berwisata bersama keluarga, salah satunya kebun binatang Semarang Zoo di Jalan Semarang - Kendal Km 17.


Semarang Zoo masih menjadi wisata primadona keluarga, selain tentu saja kawasan wisata heritage Kota Lama yang menawarkan banyak spot menarik.


Data di Semarang Zoo menyebutkan pada libur Lebaran tahun ini jumlah wisatawan yang datang menyaksikan aneka satwa dilindungi ini mencapai 8.000 orang per harinya.


Puncaknya di Lebaran hari kedua Minggu (23/4), begitu wisata ini dibuka pukul 08.00 WIB, Semarang Zoo dipadati pengunjung dari berbagai kota di Semarang dan sekitarnya, termasuk luar kota. Di sana, banyak keluarga memanfaatkan kebersamaan dengan menggelar tikar dan menyantap bekal yang sengaja dibawa dari rumah.
Setelah membayar tiket seharga Rp 30 ribu untuk hari Libur Nasional, pengunjung melewati pintu masuk, para wisawatan dapat bermain di Play-play zoo secara gratis selama satu kali. 


Setelah itu, mereka bisa menikmati beberapa wahana. Seperti menyaksikan 120 spesies hewan Semarang Zoo, becak air, perahu, dan menaiki odong-odong untuk berkeliling di bangunan seluas 6 hektare ini. Fasilitas di sini, juga dilengkapi stan UMKM juga berada di sekitar Semarang Zoo. 


Koleksi


Apa saja koleksi di Semarang Zoo? Untuk koleksi mamalia, di sana terdapat beruang madu, Gajah Sumatera, Rusa Timior, walaby, kijang, binturong, harimau benggala, singa afrika, dan rusa tutul. Sedangkan untuk koleksi reptil, ada sanca kembang, biawak, buaya muara, kobra Jawa dan kura-kura Brazil. 


Kebun binatang ini juga memiliko koleksi hewan primata seperti siamang, monyet ekor panjang, orang utan dan owa-owa. Tak ketinggalan ragam aves (burung) menghuni Semarang Zoo seperti burung unta, elang bondol, kakatua jambul kuning, kakatua raja, pelikan, love bird, parkit, ayam kate, dan elang.


Wisatawan asal Kendal, Mita mengungkapknya pihaknya mengapresiasi pengelolaan Semarang Zoo yang sudah berkembang. Menurutnya, destinasi wisata itu kini jauh lebih baik dibanding tahun sebelumnya, dengan bertambahnya wahana permainan yang ramah untuk anak. 


?Setiap tahun bersama keluarga kami ke sini, karena lokasinya yang emang deket rumah,'' tambahnya.
Koordinator Promosi dan Marketing Semarang Zoo, Drh Hedwigius Nico Setiawan  yang akrab disapa dokter Nico- menjelaskan,  selama  tiga hari memasuki libur Lebaran pada 22 ? 30 April 2023 ada lonjakan pengunjung yang mampu  menembus angka sekitar 8.000 orang dalam sehari. Dia juga berharap, masih ada ledakan wisatawan lagi pada Minggu (30/4) depan. (Aji)

 

Berita Terkini