bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Jangan Datang ke Baduy Jika Tak Kuat Hadapi Banyaknya Pantangan

M. Haikal - Ragam -> Traveling
Rabu, 12 Juli 2023 17:08
    Bagikan  
perkampungan baduy,
Foto: tangkapan layar

perkampungan baduy, - Salah satu sudut perkampungan suku Baduy.

HELOINDONESIA.COM - Suku Baduy sudah sangat terkenal. Mereka hidup dalam berkelompok. Ada Baduy Dalam dan Baduy Luar. Perbedaannya tak hanya pada pakaiannya. Biasanya Baduy Dalam berpakaian putih-putih dengan ikat kepala putih. Sementara Baduy luar hitam-hitam dengan ikat kepala hitam.

Perbedaan lainnya, Baduy Dalam komunitasnya terbatas dan terikat adat istiadat yang sangat ketat. Mereka tetap menyatu dengan alam dengan tidak menerima perkembangan jaman.

Berbeda dengan Baduy Luar. Meski tetap memegang adat istiadat, namun mereka tetap menerima kehidupan moderen masyarakat luas. Baduy Luar tak hanya dikenal kerap berjalan kaki jauh sambil berjualan madu.

Suku Baduy merupakan suku yang hidup secara terisolir dari dunia moderen. Mereka hidup secara sederhana dan menyatu dengan alam. Alam yang masih alami dan budaya yang ditawarkan oleh kampung suku Baduy menjadi daya tarik wisata tersendiri bagi daerah ini.

Baca juga: Asal Solid, Pilpres 2024 Diperkirakan akan Diikut Tiga Pasangan Capres-cawapres

Kampung wisata suku Baduy terletak di desa Cibeo kabupaten Lebak. Jaraknya sekitar 40 Km dari Rangkasbitung, Banten. Wisata kampung suku Baduy merupakan wisata alam sekaligus wisata budaya.

Dimana Anda dapat menikmati alamnya yang masih asri serta mengenal lebih jauh budaya suku Baduy yang terlihat masih tradisional sekali.

Hingga saat ini masyarakat Baduy dalam masih memegang kuat konsep pikukuh (aturan adat yang isi terpentingnya mengenai keapaadaan) secara mutlak dalam kesehariannya sehingga banyak pantangan yang masih sangat ketat diberlakukan. Hal ini berbeda dengan cara hidup masyarakat Baduy luar yang secara garis besar sudah sedikit terkontaminasi budaya moderen.

Lalu apa saja yang membuat wisata Baduy berbeda dengan wisata tempat lainnya?

Simak hal - hal berikut yang menjadi daya tarik tersendiri di wisata kampung Baduy.

Baca juga: Hadapi PSIS Semarang Pemain Andalan Persebaya Bruno Moreira Terancam Tak Bisa Dimainkan

1. Banyak pantangan

Di wisata kampung Baduy memiliki banyak pantangan. Ketika kita berada di kampung Baduy, kita wajib mematuhi semua aturan yang berada di sana.

Di sini sangat dianjurkan untuk menggunakan jasa pemandu wisata. Karena pada perkampungan Baduy terdapat adat istiadat dan pantangan yang harus dipatuhi oleh semua yang berada di dalamnya, termasuk pengunjung. Bagi Anda yang susah dalam mematuhi aturan, lebih baik berpikir lagi jika ingin datang ke kampung Baduy.

2. Jalan kaki

Ketika berada di perkampungan Baduy, Anda harus berjalan kaki karena tidak ada orang yang menggunakan kendaraan di sini. Daerah perkampungan ini, memiliki jalur yang berbatu dan naik turun. Di sinilah bisa menjadi tantangan tersendiri untuk menguji kekuatan fisik Anda.

3. Pemandangan yang asri

Di wilayah ini kalian akan disuguhkan pemandangan indah dari perbukitan yang masih hijau terjaga. Suku Baduy memang terkenal sangat dekat dengan alam, mereka selalu menjaga alam yang mereka tempati. Tak heran kampung yang ada di sini masih terawat dan bersih.

Baca juga: Messi Mendarat di Florida untuk Teken Kontrak  dengan Inter Miami, Ngaku Senang Dengan Keputusannya

4. Hidup sederhana

Kehidupan di perkampungan Baduy sangat sederhana. Anda tidak boleh menggunakan peralatan apapun yang berbahan kimia seperti shampo, pasti gigi dan sabun mandi.

Tak hanya itu, bahkan di kampung baduy tidak ada listrik, gadget dan kamar mandi. Untuk keperluan mandi dan buang hajat, kita harus pergi ke sungai.

5. Bangunan alami

Rumah-rumah suku baduy terbuat dari kayu dan untuk atapnya menggunakan jerami yang dianyam. Selain itu terdapat pula lumbung-lumbung yang bentuknya hampir sama dengan rumah.

Baca juga: Benny: Jangan Terkecoh Pilih Pemimpin, Carilah yang Dosanya Paling Kecil

Lumbung tersebut digunakan mereka untuk menyimpan hasil bumi. Di perkampungan Baduy terdapat sungai, dan untuk menyebranginya menggunakan jembatan yang semuanya terbuat dari kayu dan bambu.

Wisata ke Kampung Suku Baduy ini sangat cocok untuk Anda yang menginginkan wisata alam dan budaya suku pedalaman.

Di sini Anda bisa menjelajahi dan belajar hidup sederhana. Jaraknya yang tidak terlalu jauh dari Jakarta, membuat Wisata Kampung Baduy menjadi salah satu pilihan liburan Anda.