Helo Indonesia

Tinggalkan Kesan Horor, Pantai Indah Kemangi jadi Destinasi Wisata Favorit di Kabupaten Kendal

Senin, 19 Juni 2023 18:21
    Bagikan  
Tinggalkan Kesan Horor, Pantai Indah Kemangi jadi Destinasi Wisata Favorit di Kabupaten Kendal

FAVORIT: Pantai Indah Kemangi telah disulap menjadi destinasi wisata pantai favorit di Kabupaten Kendal. Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM -

Kabupaten Kendal merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang dianugerahi pantai karena letaknya bersebelahan dengan laut utara Jawa. Sebenarnya, ada beberapa pantai yang indah di Kabupaten Kendal baik yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Kendal ataupun swasta. Salah satunya Pantai Indah Kemangi.

Destinasi Wisata Pantai Indah Kemangi yang terletak di Desa Jungsemi, Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal, kini menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi para wisatawan dari Kendal maupun luar daerah.

Untuk menuju Pantai Indah Kemangi, dari Jalan Raya Utama Pantura Kendal, pengunjung dapat melewati Perempatan Tlahab, kemudian ambil jalan ke utara menuju Kecamatan Kangkung, atau bisa melalui pertigaan Kecamatan Cepiring kemudian ambil ke arah barat menuju Kecamatan Kangkung.

Sebelum menjadi destinasi wisata, Pantai Indah Kemangi dikenal dengan kesan horor. Sebelum sampai ke pantai, pengunjung akan melewati makam yang dianggap keramat. Konon makam Jungsemi, atau biasa disebut warga dengan sebutan 'Kuburan Jungsemi'. merupakan tempat kerajaan makhluk halus.

Rumor Mistik

Namun dengan pengelolaan yang serius oleh Pemerintah Desa setempat, kini rumor mistik Pantai Indah Kemangi mulai menghilang. Pantai Indah Kemangi telah disulap menjadi destinasi wisata pantai favorit di Kabupaten Kendal. Setiap akhir pekan, tempat wisata tersebut menjadi jujugan berlibur keluarga.

Semenjak dibuka dan diresmikan sebagai objek wisata, Pantai Indah Kemangi juga banyak dijadikan objek wisata alternatif yang elok di Kabupaten Kendal dengan tarif yang murah. Setiap mengunjung hanya diketakan HTM Rp 5.000.

Selain dapat menikmati keindahan pantai, para pengunjung juga dilengkapi dengan fasilitas dan wahana permainan air yang menantang, seperti banana boat, donat boat, berkuda, ATV, mini trail, trampolin, hingga wahana naga. Serta lapak pedagang kaki lima yang tertata rapi dilengkapi dengan deretan meja dan kursi yang bisa dijadikan tempat menikmati aneka kuliner sambil menikmati pemandangan laut.

Salah seorang pengunjung dari Kepulauan Riau, Sri Nuryati yang tengah mengunjungi keluarganya di Kecamatan Ringinarum mengaku sengaja mampir ke Pantai Indah Kemangi karena penasaran akan keindahan panorama pantai yang pernah ditakuti banyak orang tersebut.

Pohon Cemara

"Ya kalau dulu saudara saya bilangnya seram. Jadi penasaran saja. Eh ternyata pantainya sebagus ini. Banyak pohon cemara, bersih dan indah. Tiketnya juga murah cuma Rp 5 ribu," katanya.

Semakin meningkatnya kunjungan Pantai Indah Kemangi secara otomatis juga memberikan dampak bagi warga sekitar. Yakni meningkatkan kesejahteraan bagi warga sekitar. Bahkan menurut Kepala Desa Jungsemi, Dasuki, dari omzet yang didapat dari Pantai Indah Kemangi, sebagian disalurkan untuk biaya pendidikan sekolah madrasah diniyah bagi anak-anak setempat.

"Mereka memperoleh bantuan sekitar Rp 300 ribu per-anak per- tahun dan langsung dibayarkan ke sekolah masing-masing," ungkap Dasuki.

Dasuki berharap pendapatan Pantai Indah Kemangi bisa terus meningkat sehingga CSR yang disalurkan bisa bertambah jumlahnya. “Ini berlaku seterusnya. Harapan kami pendapatan objek wisata Pantai Indah Kemangi terus meningkat. Sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat Desa Jungsemi,” harapnya. (Anik)