bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Juara Desa Wisata Terbaik Jateng Tahun 2024 Diumumkan, Ini Daftar Pemenangnya

2 jam 21 menit lalu
    Bagikan  
Juara Desa Wisata Terbaik Jateng Tahun 2024 Diumumkan, Ini Daftar Pemenangnya

JUARA: Dewan juri dari berbagai kalangan saat mengumumkan pemenang Desa Wisata Jateng tahun 2024. Foto: Dok

PURWOREJO, HELOINDONESIA.COM -Pariwisata saat ini menjadi primadona baru pemasukan pendapatan daerah dan nasional.   Untuk mengevaluasi desa wisata yang ada, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah, melaksanakan Gelar Desa Wisata.

Event ini diadakan setiap tahun sejak tahun 2015 lalu dan sempat terhenti pada tahun 2020 akibat pandemi Covid-19. Hal ini terungkap saat sambutan Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana yang dibacakan oleh Kabid Pengembangan Destinasi Wisata Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Jateng, Arya Candra Destianto, pada pembukaan Gelar Desa Wisata di Pendopo Rumah Dinas Bupati Purworejo, Jumat (13/9/2024).

"Tahun 2024 ini event (Gelar Desa Wisata) yang kesembilan kali sejak pertama kali diadakan tahun 2015. Sempat berhenti tahun 2020 karena pandemi Covid-19. Tema Gelar Desa Wisata tahun ini adalah 'Membangun Desa Wisata, Membangun Masyarakat Sejahtera'," kata Pj Gubernur dalam sambutannya.

Tantangan desa wisata (Deswita) antara lain adalah, yang dijual/ditawarkan hampir sama antar Deswita satu dan lainnya. Kemudian dalam hal pengembangan SDM dan dukungan infrastruktur. Para pemenang desa wisata ini, juga bisa menambah Visit Jateng di provinsi ini.

Infrastruktur

"Desa wisata harus terus menggali keunikan atau unic selling masing-masing. Infrastruktur harus dibenahi untuk kenyamanan wisatawan. Pemprov Jateng juga telah memberikan total bantuan Rp18,5 miliar untuk 181 desa wisata," ungkap Nana Sudjana dalam sambutannya.

Dalam Gelar Desa Wisata 2024 ini juga diumumkan desa wisata terbaik dari hasil penilaian dewan juri. Sebanyak 35 Desa Wisata di seluruh kabupaten/kota diajukan untuk dinilai sejak 9 Juli hingga 13 September 2024. Dengan pengumuman pemenang gelar desa wisata Tahun 2024 ini, maka semakin bertambah Visit Jateng di sector pariwisata.

Setelah bermusyawarah, Dewan Juri yang terdiri dari Candra AN (wartawan), Dr Yoyok Bambang Priambodo (Sanggar Tari Greget Semarang(, Nugroho DS (wartawan), Widyartono (wartawan) dan Eko Hari M (pegiat wisata) memutuskan enam juara Desa Wisata Jateng tahun 2024.

Berikut daftar Deswita terbaik tahun 2024:

* Juara 1 Deswita Pagak, Kabupaten Banjarnegara.

* Juara 2 Deswita Kemutug Lor, Kabupaten Banyumas.

* Juara 3 Deswita Tegalsambi, Kabupaten Jepara.

Juara Harapan 1 Deswita Tasik Harjo, Kabupaten Rembang.

Juara Harapan 2 Deswita Jatibatur, Kabupaten Sragen.

Juara Harapan 3 Deswita Karangmangu, Kabupaten Cilacap. (ADE)