bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Gelar Desa Wisata Jawa Tengah 2024, Ajang Pameran Wisata dan Ekonomi Kreatif

2 jam 25 menit lalu
    Bagikan  
Gelar Desa Wisata Jawa Tengah 2024, Ajang Pameran Wisata dan Ekonomi Kreatif

PAMERAN: Gelar Desa Wisata jadi Ajang Pameran Wisata dan Ekonomi Kreatif. Foto: Dok

PURWOREJO, HELOINDONESIA.COM -Kabupeten Purworejo mendapat kepercayaan dari pemerintah Provinsi Jawa Tengah dengan PC Dinas Pemuda dan Olahraga, dan Pariwisata Jawa Tengah (Disporapar) untuk menjadi tuan rumah Gelar Wisata Jawa Tengah 2024.  Depan rumah Dinas Bupati Purworejo di Jalan RAA Tjokronegoro akan menjadi pusat kegiatan selama tiga hari mulai Jumat-Minggu (13-15/9/2024).

Mengapa Kabupaten Purworejo menjadi tuan rumah kegiatan ini? Hal itu dikarenakan Kabupaten Purworejo menjadi juara lomba Desa Wisata Jawa Tengah 2023 yang diwakili Desa Pandanrejo Kecamatan Kaligesing.

Seperti yang disampaian Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinporapar Purworejo, Agung Pranoto. "Sudah menjadi tradisi, pemerintah daerah pemenang di tahun sebelumnya akan menjadi tuan rumah dalam gelaran tahun berikutnya," kata Agung.

Pemkab Purworejo melalui Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) memanfaatkan momen tersebut untuk menjadi ajang pameran wisata dan ekonomi kreatif baik di Purworejo dan Jawa Tengah.

Potensi Wisata

"Kami memang mengajak kabupaten/kota di Jawa Tengah untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini untuk memamerkan potensi wisata dan Ekraf yang dimiliki. Alhamdulillah responnya sangat bagus," imbuh Agung.

Agung menyebut ada 18 desa wisata dari kabupaten/kota, ditambah desa wisata yang mendapat mendapat pendampingan dari Dinporapar Jateng serta destinasi wisata. Desa wisata yang ada di Purworejo pun turut serta dalam kegiatan.

"Produk ekonomi kreatif dari kecamatan di Purworejo juga kita libatkan dan setiap kecamatan membuka sendiri untuk memamerkan produk unggulannya," jelas Agung.

Selain melihat potensi wisata, masyakarat akan bisa menikmati kuliner khas daerah. Sajian kesenian tradisional dari berbagai daerah di Jawa Tengah juga bisa disaksikan masyarakat.

Kesenian

Kesenian yang ditampilkan meliputi Kesenian Suryo Kartiko Desa Janti (Klaten), Kesenian Tari Dolalak Dewi Pertiwi Kaligesing (Purworejo), Kesenian Lengger Banyumasan (Banyumas), Kesenian Lengger  (Wonosobo), Kesenian Tari Bregodo Lembu Banyuanyar  (Boyolali), Kesenian Cowong Desa Karangmangu (Cilacap), Kesenian Tari Orek-Orek Desa Tasikharjo (Rembang), Kesenian Jamjaneng Megulungkidul (Purworejo), Kesenian Jaran Kepang Ismoyo Jati (Purworejo), Kesenian Kubro New Edi Siswo Ngadiharjo (Magelang) Kesenian Topeng Ayu Samirono (Semarang), Kesenian Tari Dolalak Arum Manis (Purworejo) serta pertunjukan musik dari Popokho dan Congculy.

Kepala Dinporapar Purworejo Stephanus Aan Isa Nugroho mengajak masyarakat untuk mengunjungi pameran gelar wisata yang dibuka sejak pagi hingga pukul 22.00 tersebut.

"Ini jadi kesempatan langka, karena kita bisa melihat potensi-potensi wisata di Jawa Tengah lengkap dengan kuliner khas serta penampilan kesenian daerah," kata Aan. (ADE)