bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Ekor Pesawat Endeavour Terpotong Ditabrak Pesawat Delta di Atlanta

Satwiko Rumekso - Ragam -> Traveling
2 jam 39 menit lalu
    Bagikan  
Ekor Buntung
Tangkap Layar Video Bandara

Ekor Buntung - Pesawat Endeavour nyaris buntung ekornya

HELOINDONESIA.COM - Dua pesawat bertabrakan di Bandara Internasional Hartsfield-Jackson Atlanta pada Selasa pagi, 10 September, Delta dan Administrasi Penerbangan Federal mengonfirmasi.

Sekitar pukul 10:07 waktu setempat pada hari Selasa, 10 September, Penerbangan Delta 295 yang menuju Tokyo sedang "meluncur keluar" ketika "melakukan kontak dengan ekor" Endeavor Air 5526 (anak perusahaan Delta) di landasan pacu yang berdekatan, maskapai mengonfirmasi dalam sebuah pernyataan . Penerbangan Endeavor Air tersebut menuju Lafayette, Louisiana.

Tabrakan tersebut mengakibatkan ekor pesawat Endeavor yang jauh lebih kecil hampir terpotong dari badan pesawat. DeltaA350, pesawat terbesar dalam armada Delta, mengalami kerusakan pada sayapnya.

Pihak maskapai mengatakan insiden itu tidak menyebabkan cedera apa pun pada awak pesawat atau penumpang.

Koresponden senior transportasi CBS Chris Van Cleave membandingkan tabrakan itu dengan "truk gandeng dan sedan kecil yang bertabrakan." Ia mencatat, "Dalam kasus ini, tampaknya ujung sayap A350 pada dasarnya memutuskan ekor atau stabilizer di bagian belakang pesawat."

Ia menambahkan bahwa "para penumpang di A350 mungkin merasakan benturan keras. Saya bayangkan orang-orang di pesawat yang jauh lebih kecil, CRJ900, akan merasakannya jauh lebih hebat."

Setelah insiden tersebut, penumpang "diangkut kembali ke terminal" di mana mereka ditampung pada penerbangan alternatif, menurut Delta. "Ada 221 pelanggan di DL295 dan 56 pelanggan di DL5526."

Baca juga: Kronologi Pesawat Voepass Terjatuh Hilang Kontak dan Terekam Video Warga Terjatuh

FAA mengonfirmasi bahwa mereka "akan menyelidiki insiden tersebut" dalam pernyataan yang dibagikan kepada PEOPLE.

Badan Keselamatan Transportasi Nasional juga sedang melakukan investigasi: "Penyelidik NTSB sedang menuju lokasi kejadian. Laporan awal diharapkan akan diterbitkan dalam 30 hari," ungkap badan tersebut.

Pada bulan Februari, insiden serupa terjadi ketika dua pesawat JetBlue melakukan kontak di landasan Bandara Internasional Boston Logan.

"Sebuah pesawat JetBlue yang memasuki jalur bantalan anti-icing di Bandara Internasional Boston Logan (BOS) bersentuhan dengan pesawat JetBlue lain di jalur bantalan anti-icing yang berdekatan, menyebabkan kerusakan pada sayap kecil satu pesawat dan bagian ekor pesawat lainnya," kata maskapai itu dalam sebuah pernyataan pada saat itu.**