Helo Indonesia

Liburan Sekolah, Kunjungan Pantai Indah Kemangi Kendal Naik 30 Persen

Minggu, 21 Juli 2024 18:39
    Bagikan  
Liburan Sekolah, Kunjungan Pantai Indah Kemangi Kendal Naik 30 Persen

Pesona Pantai Indah Kemangi, salah satu destinasi wisata di Kendal. Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Destinasi wisata Pantai Indah Kemangi (PIK) Desa Jungsemi, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, masih menjadi salah satu primadona destinasi wisata yang banyak dikunjungi selama liburan sekolah.

Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya angka kunjungan wisatawan yang mencapai 30 persen selama liburan sekolah. Dimana sebelumnya rata-rata pengunjung perharinya mencapai sekitar 300 sampai 500 pengunjung, kini meningkat hingga 500 sampai 700 pengunjung.

"Alhamdulillah ada kenaikan sekitar 30 persen. Rata-rata perhari sebelumnya 300 sampai 500 pengunjung, sekarang menjadi 500 sampai 700 pengunjung," beber Kepala Desa Jungsemi, Dasuki.

Baca juga: Kontes Kecantikan Entok di PIK Meriah, Peserta Datang dari 18 Kota

Ia menyebut, saat ini belum ada penambahan fasilitas baru di Pantai Indah Kemangi. Namun untuk menarik lebih banyak pengunjung, para pengelola mengedepankan kebersihan, kenyamanan dan keamanan para pengunjung PIK.

"Karena pengunjung itu kesini ingin santai, ingin nyaman. Jadi kita siapkan kenyamanan untuk pengunjung. Terutama kebersihan dan keamanan pantai," terangnya.

Dasuki menambahkan, selain wisatawan dari lokal Kendal maupun luar Kendal, Pantai Indah Kemangi juga telah mendapatkan beberapa kunjungan dari turis mancanegara.

"Sudah ada beberapa turis dari luar negeri yang datang kesini. Kita juga mengenakan tarif yang sama bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Semuanya hanya membayar tiket masuk Rp 5 ribu," tandas Dasuki.

Dengan adanya peningkatan pengunjung dari tahun ke tahun, menurut Kades Jungsemi, saat ini bantuan CSR dari pengelolaan Pantai Indah Kemangi yang digunakan untuk membiayai pendidikan bagi siswa TK, PAUD, TPQ, Madrasah Diniyah, hingga insentif bagi para guru Madrasah Diniyah juga mengalami peningkatan.

Baca juga: Gelaran Pertama Perayaaan Hari Jadi Kendal Gandeng TV Nasional

"Kalau kemarin yang disalurkan ada Rp 181 juta dalam setengah tahun. Ada peningkatan karena sebelumnya kurang lebih Rp 139 juta," ungkapnya.

Ia menambahkan, pihaknya akan terus berupaya melaksanakan pembenahan dan penambahan fasilitas pelayanan bagi pengunjung PIK. Sehingga jumlah pengunjung juga terus meningkat.

"Untuk sementara kondisi Pantai Indah Kemangi masih seperti ini, belum ada yang berubah. Namun yang jelas kami terus berupaya melakukan pembenahan. Yang terpenting adalah, para pelaku UMKM yang merupakan warga lokal Desa Jungsemi bisa berjalan," pungkas Dasuki.(Anik)