bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Healing ke Telaga Menjer, Berperahu Seraya Menikmati Hamparan Air Bening

Helo Jateng - Ragam -> Traveling
Kamis, 13 April 2023 11:17
    Bagikan  
Healing ke Telaga Menjer, Berperahu Seraya Menikmati Hamparan Air Bening

Pesona Telaga Menjer yang indah dengan pantulan warna biru langit. Foto: Ist/unik

WONOSOBO, HELOINDONESIA.COM - Mengunjungi Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, perhatian orang cenderung tertuju pada Dieng Plateau. Padahal di daerah berhawa sejuk  ini, Anda bisa mengeksplorasi tempat wisata lain, seperti Telaga Menjer, Bukit Seroja, Perkebunan Teh Tambi,  dan Lubang Sewu.


Saat Anda melakukan trip ke dataran tinggi Dieng, tak ada salahnya singgah ke Telaga Menjer. Hamparan danau dengan air bening ini terbentuk secara alami ini telah dibuka menjadi objek wisata dan dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Garung. 


Telaga ini merupakan telaga terluas di kawasan Dieng, terletak di Desa Maron, Kecamatan Garung, Wonosobo. Luas  telaga dengan panorama eksotik ini sekitar 70 Ha dan kedalaman sekitar 60 meter, berada pada ketinggian sekitar 1.300 Mdpl, tepatnya di bawah gunung Sikudi.

Untuk menikmati keindahan Telaga Menjer, secara maksimal,  Anda bisa menyewa perahu kayu yang khusus disewakan bagi para wisatawan. Dengan harga terjangkau, wisatawan bakal diajak berkeliling dan menjelajahi sekitar Telaga dengan perahu bambu yang unik dan sederhana.


Siapa sangka,  telaga ini sudah dikenal orang sejak tahun 1905 karena dokumentasinya dipublikasikan oleh warga berkebangsaan Belanda, bahkan sampai tahun 1940 pun masih sering diabadikan dalam bentuk foto dan tersimpan di Negeri Kincir Angin tersebut.


Rute perjalanan menuju Telaga Menjer ini cukup mudah.  Bisa ditempuh dengan mobil pribadi maupun motor roda dua, jalannya agak naik dan berkelok, dari Kota Wonosobo sekitar 12 Km ke arah Utara. Carilah Pasar Garung di antara jalan raya penghubung kota Wonosobo dengan Dataran Tinggi Dieng. Dari Pasar Garung, carilah jalan ke kiri yang terdapat sebuah gapura bertuliskan PLTA Garung.

Udara Sejuk


Daya tarik lain telaga ini adalah udara sejuk yang bikin wisatawan bisa berlama-lama di sana. Kecantikan Telaga Menjer dapat dinikmati  waktu pagi atau sore hari, pantulan langit birunya terlihat  jelas terlihat di permukaan air dan suasana seperti ini akan menjadi lebih memikat kalau dilihat dari dekat.


''Tempat ini asyik untuk healing, menenangkan pikiran. Sambil berperahu, kita bisa berkeliling memandangi hamparan air jernih, serta panorama alamnya juga memesona,'' ujar Unik Oke, traveler dan pengajar asal Kota Semarang.


Unik juga bercerita, sebenarnya untuk sekadar berfoto di area Telaga Menjer saja sudah  terlihat keren. Namun, penduduk Desa Maron membuat inovasi pariwisata,  dengan membuat tempat selfie khusus di Telaga Menjer, yakni Bukit Seroja. 


Sejak awal  tahun 2017, foto-foto yang diambil dari Bukit Seroja merebak di media sosial. Bukit Seroja sendiri berada tepat di atas Telaga Menjer. Para pengunjung bisa menyaksikan keindahan Telaga Menjer dari sini. 


Selain menawarkan pemandangan alam yang indah, Anda juga bisa mendirikan tenda/camping ground di sekitar bukit untuk menikmati sunset ataupun sunrise di bukit ini. Waktu yang pas untuk melihat sunset sekitar pukul 17.45 WIB sedangkan untuk melihat sunrise sekitar pukul 05.00 WIB. (Aji)