bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Pesona Bebatuan Wisata Lubang Sewu, Grand Canyon Ala Wonosobo

Helo Jateng - Ragam -> Traveling
Senin, 10 April 2023 11:50
    Bagikan  
Pesona Bebatuan Wisata Lubang Sewu, Grand Canyon Ala Wonosobo

Pesona bebatuan di Desa Erorejo yang menampakkan seperti Grand Canyon. Foto: Ist

WONOSOBO, HELOINDONESIA.COM - Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, kaya dengan destinasi wisata alamnya. Buka hanya Telaga Menjer nan ekosotis atau Perkebunan Teh Tambi, Wonosobo juga menawarkan wisata Lubang Sewu.


Wisata alam dengan panorama bebatuan di Desa Erorejo, Kecamatan Wadaslintang. Lubang Sewu dibuka sebagai tempat wisata di tahun 2015. Kemunculannya di peta wisata berawal dari viralnya foto-foto indah yang tersebar di media sosial, cerita dari mulut ke mulut, hingga jadilah Lubang Sewu seperti saat ini.


Rute menuju Lubang Sewu bisa dimulai dari pusat kota Wonosobo dengan menuju Jalan  Merdeka, hingga di Jalan. Ajibarang Secang. Perjalanan berlanjut Kemudian belok kiri ke Jalan Selomerto ? Madukarta.

Begitu sampai di Jalan Raya Wadaslintang, lalu belok kanan ke Jalan Dusun Kemplung. Dari sini akses jalan tak begitu lebar namun masih tetap dapat dilalui oleh mobil. Lubang Sewu sangat dekat dari Waduk Wadaslintang, hanya membutuhkan waktu kira-kira 5 menit dengan jarak tempuh sekitar 2 km.


Lubang Sewu sendiri sebenarnya merupakan salah satu bagian dari tepian waduk Wadaslintang yang berada di desa Erorejo. Ada satu pesona tersembunyi di sini. 


Saat musim kemarau tiba dan air waduk akan surut, maka terlihatlah bongkahan batu-batu alam berwana putih nan eksotik, dengan banyak sekali lubang di permukaannya. Itulah Lubang Sewu. Masyarakat menamainya demikian karena begitu banyak lubang ada di batu-batu putih itu, Lubang Sewu artinya adalah Lubang Seribu.


''Tempatnya asyik dengan pemandangan bebatuan indah, mengingatkan orang pada Taman Nasional Grand Canyon di Arizona, Amerika Serikat. Lubang Sewu bolehlah disebut Grand Canyon ala Wonosobo,'' kata Unik Oke, traveler Kota Semarang.


Sejak awal, waduk Wadaslintang adalah surga bagi para pemancing. Saat air waduk pasang, lubang-lubang batuan kapur adalah habitat yang menyenangkan bagi ikan. Jenis ikan yang paling banyak ditemui di Waduk Wadaslintang adalah ikan nila, meskipun ada juga jenis ikan lain seperti patin dan red devil.


Tempat ini kerap dijadikan lokasi foto pranikah atau pre-wedding photo. Batu-batuan alam yang berwarna putih indah ini juga memesona.


Jadi, jika anda tertarik berkunjung ke sini, sebaiknya lakukan kala air waduk sedang surut, kala musim kemarau. Agar anda tak hanya menyaksikan waduk Wadaslintang tetapi juga Lubang Sewu yang eksotis. (Aji)