bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Nepal van Java dan Mangli Sky View, Wisata Alam Menakjubkan di Magelang

Helo Jateng - Ragam -> Traveling
Minggu, 9 April 2023 11:58
    Bagikan  
Nepal van Java dan Mangli Sky View, Wisata Alam Menakjubkan di Magelang

Panorama menakjubkan Nepal van Java dengan lanskap Gunung Sumbing. Foto: pesonadusunbutuh.com

MAGELANG, HELOINDONESIA.COM - Ingin berwisata alam berhawa sejuk sembari melihat panorama gunung yang menakjubkan, datanglah ke Kabupaten Magelang. Selain Candi Borobudur yang sudah mendunia, Magelang menawarkan kaya oksigen Nepal van Java, dan Mangli Sky View.


Wisata alam dengan panorama menakjubkan ini berada di kaki Gunung Sumbing, di Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.


Nepal van Java, berada  di ketinggian  sekitar 1.700 mdpl,  di kaki Gunung Sumbing, tepatnya di Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.  Pemandangan alam dan perumahan penduduk berundak dan tampak bertumpuk, seolah mirip dengan negara Nepal.

Pengelola Nepal van Java, Lilik Setiyawan menyatakan, selain bisa merasakan sensasi di mengelilingi perumahan penduduk yang bertumpuk - tumpuk dengan ojek motor, wisatawan juga bisa singgah di basecamp pendakian ke Gunung Sumbing.


Perjalanan ke Nepal van Java, merupakan hiburan tersendiri, karena harus melewati lekukan jalan tanjakan mengagumkan, karena di sepanjang jalan yang dilalui, terdapat hamparan hijau sayuran yang ditanam warga sekitar.

Salah satu pengunjung, Ali Subchi menyebut,  di Nepal van Java, pengunjung akan dibuat takjub dengan panorama yang tersaji di sana.  Pengunjung juga bisa melakukan aktivitas seru lain, seperti petik sayuran dan jelajah kampung.


Dia pun berbagi tips yang layk disimak sebelum berangkat, diantaranya memastikan kendaraan kuat menanjak, datang saat cuaca cerah, hingga sopan terhadap warga setempat. 


Selain Nepal Van Java, panorama menakjubkan juga ditawarkan  Mangli Sky View  di Kecamatan Kaliangkrik. Wisaya menyuguhkan pemandangan alam yang memesona, dengan hamparan awan putih seperti lautan saat pagi hari, di tambah pancaran terbitnya sang surya (sunrise) yang begitu indah.


Mangli Sky View, memiliki spot-spot instagramable yang menarik dan indah, karena berada di timur lereng Gunung Sumbing dengan ketinggian 1.570 mdpl. Di sini, wisatawan bisa menikmati sunrise dengan pemandangan sembilan gunung  yaitu Merapi, Merbabu, Telomoyo, Andong, Giyanti, Ungaran, Tidar, Sumbing dan Pegunungan Menoreh. (Aji)