Helo Indonesia

Puncak Sendaren Purbalingga, Tawarkan Spot Selfie dan Kesegaran Udara Khas Pegunungan

Helo Jateng - Ragam -> Traveling
Senin, 3 April 2023 15:19
    Bagikan  
Puncak Sendaren Purbalingga, Tawarkan Spot Selfie dan Kesegaran Udara Khas Pegunungan

Dari jembatan bambu Puncak Sendaren, pengunjung bisa menikmati kecantikan alam Purbalingga. Foto: Kaskus

PURBALINGGA, HELOINDONESIA.COM - Menjelajahi Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, jangan lewatkan untuk merasakan sensasi berwisata di Puncak Sendaren. Lokasinya memang terpencil, tapi belakangan tengah menjadi ngehits sebagai wisata dengan kecantikan relief alamnya.


Wisata ini di ketinggian 682 Mdpl ini terletak di di Dusun Karang Gedang, Desa Panusupan, Kecamatan Rembang, Purbalingga. Di sini, pelancong bisa menyaksikan pemandangan eksotis Kota Purbalingga dari atas bukit. Pengunjung bisa merasai sensai udara khas pegunungan yang sejak. Atau mereka yang pemberani, bisa mencoba trekking melalui kawasan perbukitan.


Bagi para pecinta alam, maka Puncak Sendaren dapat dijadikan rekomendasi untuk berkemah dan mendirikan tenda. Tiket masuk untuk camping di kawasan Puncak Sendaren sekitar Rp.10.000 per orang.


Rute menuju Puncak Sendaren jika dari pusat kota Purbalingga, bisa dijangkau melalui Jalan  Raya Selanegara hingga tiba di Jalan Raya Pengadegan. Kemudian dilanjutkan dengan menuju Jalan Kaliputih 10 selanjutnya ke Jalan Kartasupana.


Beberapa tahun terakhir, fasilitas Puncak Sendaren sudah dilengkapi seperti toilet, warung makanan dan minuman.


Butuh Publikasi


Salah satu pengunjung, Joko Santoso mengungkapkan, keunggulan Puncak Sendaren adalah lokasinya yang menantang dan berada di pegunungan jadi masih alami  dan pemandangannya keren.
''Hanya saja masih belum banyak dikenal. Perlu publikasi yang lebih gencar agar dikenal,'' kata lelaki yang hobi traveling ini.


Menurut Joko, spot favorit di Puncak Sendaren adalah jembatan bambu dengan panjang sekitar 10 meter yang dibuat di ujung tebing. Dari ujung jembatan itu, pengunjung bisa lebih leluasa memandang panorama alam. 
Spot ini juga menjadi sasaran bagi wisatawan untuk swafoto atau foto selfie dengan latar belakang pesona alam.


Meskipun terbuat dari bambu, namun keamanan cukup terjamin karena sudah diberi kawat kawat penyangga. Selain jembatan bambu, Puncak Sendaren menyediakan spot yang tak kalah menarik  yaitu Susuh Burung,  rumah pohon yang dibangun dengan bentuk menyerupai rumah burung.


Satu lagi, wisata alam Puncak Sendaren juga terkenal dengan pemandangan sunset dan sunrise-nya yang memesona. Wahai fotografer, berkunjunglah ke sana dikala fajar untuk melihat indahnya matahari terbit di Puncak Sendaren ini. (Aji)