Helo Indonesia

Bulan Sabit Syawal Terlihat di Arab Saudi, Idul Fitri Jatuh Hari Jumat

Jumat, 21 April 2023 05:43
    Bagikan  
Bulan Sabit Syawal Terlihat di Arab Saudi, Idul Fitri Jatuh Hari Jumat

Bulan Sabit telah terlihat di Arab Saudi. (Foto: ArabNews)

RIYADH, ARAB SAUDI - Bulan sabit telah terlihat di Arab Saudi, yang berarti bahwa hari Kamis adalah hari terakhir bulan suci, dengan perayaan Idul Fitri akan jatuh pada hari Jumat, 21 April 2023, Komite Penampakan Bulan Sabit mengumumkan. Demikian dirilis ArabNews 20 April.

Salat Idul Fitri akan diadakan di seluruh Kerajaan Arab Saudi tepat setelah matahari terbit pada hari Jumat di tengah pengaturan yang rumit untuk acara tersebut.

Sebelumnya, Mahkamah Agung pada Rabu menyerukan umat Islam di seluruh Arab Saudi untuk melihat bulan sabit Syawal pada Kamis malam, 29 Ramadhan 1444 Hijriah, bertepatan dengan 20 April 2023.

Media Aljazeera juga menyebutkan, bulan baru terlihat pada Kamis malam setelah salat Maghrib di Arab Saudi, yang berarti perayaan Idul Fitri di sana akan dimulai pada hari Jumat, 21 April.

Sebelumnya, Mahkamah Agung Arab Saudi telah memerintahkan semua Muslim (umat Islam) di seluruh Arab Saudi untuk memantau hilal atau bulan sabit Idul Fitri pada Kamis malam yang akan bertepatan dengan hari ke-29 Ramadan.

Dalam perintah itu, siapa pun yang telah melihat hilal atau bulan sabit harus segera melaporkan ke pengadilan terdekat dan mendaftarkan kesaksiannya.

?Siapa pun yang melihat bulan sabit dengan mata atau melalui teropong harus melaporkan penampakan itu ke pengadilan terdekat dan mendaftarkan kesaksian mereka,? bunyi perintah Mahkamah Agung Arab Saudi tersebut.

Disebutkan bahwa, jika hilal atau bulan sabit Syawal terlihat pada kamis malam, maka Idul Fitri akan jatuh pada hari Jumat. Jika tak terlihat, Idul Fitri jatuh pada hari Sabtu.

?Jika bulan sabit Syawal, bulan setelah Ramadhan, terlihat pada Kamis malam, Idul Fitri akan jatuh pada hari Jumat.?

?Jika tidak terlihat bulan sabit Syawal pada Kamis malam, Ramadhan akan berlangsung selama 30 hari dan Idul Fitri akan jatuh pada hari Sabtu,? bunyi pernyataan Mahkamah Agung Arab Saudi itu. (*)