X Kenalkan Fitur Baru Grok, Apa Itu? Simak Disini

Selasa, 14 Mei 2024 11:07
X Kenalkan Fitur Baru Grok, Apa Itu? Simak Disini Forbes

HELOINDONESIA.COM - Elon Musk kembali membuat terobosan baru dengan merilis fitur Grok dalam aplikasi X.

Untuk apa asih fitur Grok itu?? Berikut penjelasan dan cara menggunakannya

1. Mengenal Grok
Melansir dari laman The Standard, Grok adalah sebuah AI atau chatbot yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengannya, cara kerja Grok mirip dengan ChatGPT atau Google Bard. Jadi, pengguna melontarkan perintah atau pertanyaan untuk kemudian dijawab oleh AI tersebut.

2. Apa Perbedaan Grok dengan AI Lain
Grok memiliki bahasa yang lebih luwes dibandingkan dengan AI lain, menurut Elon Musk dalam salah satu tweet yang dia bagikan di akun X pribadinya, @elonmusk, Grok memiliki kemampuan untuk mengetahui informasi terkini.
"Contoh Grok vs GPT pada umumnya, dimana Grok memiliki informasi terkini, namun yang lain tidak," tulis Elon Musk.
Selain itu, Elon Musk juga mengungkapkan bahwa sistem Grok didesain khusus untuk merespon dengan humor yang ringan.
"Sistem Grok xAI dirancang untuk memiliki sedikit humor dalam tanggapannya," ungkap Elon Musk.
Untuk melatih model AI-nya, perusahaan AI milik Elon Musk ini menggunakan tweet yang dikirim pengguna. Mungkin itu sebabnya respon Grok disebut-sebut lebih luwes dibandingkan dengan AI yang lain.

Berikut Cara Menggunakan Grok
Saat membuka aplikasi X, kamu akan melihat tombol baru berbentuk garis miring yang berada di tengah-tengah tombol pencarian dan notifikasi.
Cukup klik tombol itu saja jika kamu mau menggunakan fitur Grok, tapi perlu diingat bahwa pengguna yang bisa mengakses fitur ini hanya mereka yang sudah berlangganan paket Premium+.
Paket Premium+ yang ditawarkan Elon Musk dihargai mulai dari $16/bulan atau $168/tahun, jika dirupiahkan berarti sekitar Rp257.200/bulan atau Rp2.700.600/tahun.

Oh ya, Grok ini merupakan AI yang berbasis teks dan tidak bisa menghasilkan gambar. Jadi, kamu hanya bisa melakukan interaksi dengan teks seperti mengirim dan membalas pesan, dengan Grok kamu bisa curhat, minta pendapat, cari tahu sesuatu, atau hanya sekadar bersenang-senang saja.

Berita Terkini