Helo Indonesia

Teknologi AI Mengancam Kehidupan Manusia, Amerika Serikat Mengadakan Pertemuan Dengan Elon Musk, Mark Zuckerberg dan Bill Gates

Jumadi - Teknologi
Senin, 18 September 2023 11:08
    Bagikan  
Tokoh Idustri teknologi hadiri forum AI
screenshot of youtube

Tokoh Idustri teknologi hadiri forum AI - Sejumlah tokoh dimintai tanggapan mengenai dampak teknologi AI

HELOINDONESIA.COM - Kongres Amerika Serikat mengadakan pertemuan tertutup dengan para petinggi industri teknologi di Gedung Kongres AS Capitol Hill.

Dalam kongres tersebut terlihat tokoh-tokoh Dunia teknologi seperti Bill Gates, Elon Musk dan Mark Zuckerberg.

Pada pertemuan tersebut, mereka dimintai memberikan pandangan terkait kecerdasan buatan (AI) yang dinilai semakin mengancam keberlangsungan kehidupan manusia.

Untuk menghadapi hal itu, Amerika Serikat bersiap untuk mengatur teknologi tersebut dengan lebih baik.

Senator Chuck Schumer, yaitu pemimpin Partai Demokrat di Senat AS mengadakan pertemuan tertutup tersebut agar anggota parlemen dapat mengajukan pertanyaan kepada para pemimpin teknologi tentang perkembangan teknologi ini.

Baca juga: Jokowi Kantongi Data Partai, Pegiat Kepemudaan : Ancaman Demokrasi Indonesia

Hal tersebut berkaitan dengan gebrakan di teknologi AI sejak diluncurkannya ChatGPT pada tahun lalu.

Eropa telah bersiap untuk mengatur penggunaan AI untuk menghindari dampak negatif yang dapat diakibatkan oleh teknologi ini, seperti hilangnya lapangan kerja, penyebaran disinformasi, dan konsekuensi lainnya.

Senator Chuck Schumer menjelaskan, mereka akan membuat landasan kebijakan dan aturan berkaitan dengan Ai.

"Hari ini, kita memulai usaha yang sangat besar, kompleks, dan penting, membangun landasan untuk kebijakan AI bipartisan yang dapat disahkan oleh Kongres,” ucap Schumer, dilansir Japan Today, Jumat (15/9/2023).

Sebelumnya, Schumer pernah mengatakan ketika Parlemen AS dihadapkan pada tantangan seperti ini agar tidak mengabaikannya.

Baca juga: Deklarasi ASN Netral Untuk Pemilu, Komitmen Wujudkan ASN Bermartabat dan Demokratis

Namun, untuk kasus AI, Schumer menekankan bahwa Parlemen AS tidak bisa lagi mengabaikan masalah tersebutbegitu saja.

CEO OpenAI dan pencipta ChatGPT, Sam Altman, pendiri Microsoft, Bill Gates, pemilik Meta, Mark Zuckerberg, dan Bos Tesla, Elon Musk juga menghadiri forum tertutup tersebut.

Sam Altman menyampaikan pandangannya terhadap AI dan mengakui bahwa akan mengalami sejumlah hambatan.

"Saya sangat terkesan dengan interaksi kami dengan anggota parlemen, meskipun saya tahu industri kami sering kali diperdebatkan,” ujar Altman.

Selama kongres pertemuan berlangsung, mereka membahas berbagai aspek AI termasuk potensi bahaya yang akan terjadi, dan semua peserta sepakat bahwa pemerintah berperan penting dalam mengatasi dampak negatif dari AI.

Elon Musk memberikan pujian kepada Schumer dan anggota Senat lainnya atas upaya mereka dalam mengantisipasi dampak dari AI.

Ia mengatakan bahwa AI yang tidak terkendali akan berpotensi membahayakan kehidupan manusia di mana pun mereka berada.